website statistics Penyebab Dari Gerak Rotasi

Penyebab Dari Gerak Rotasi

Iklan
Iklan

Pernahkan kamu memperhatikan sebuah ban mobil atau kipas angin yang bergerak? Jika kita cermati, maka ada titik yang menjadi acuan perputarannya terdapat pada ujung tumpuan ketika ban mobil atau kipas angina berputar. Hal tersebut dinamakan dengan gerak rotasi.

 

Penyebab Dari Gerak Rotasi

Gerak rotasi adalah suatu gerakan di mana benda berputar di sekitar sumbu tetap. Dalam gerak rotasi terdapat besaran-besaran fisika seperti sudut dan radian, kecepatan sudut dan percepatan sudut. Beberapa contoh gerak rotasi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ban sepeda motor yang berputar, wahana bianglala yang berputar, dan lain sebagainya. Apa penyebab gerak rotasi?

 

Sebuah benda dapat melakukan gerak karena adanya gaya (hukum newton I dimana jika ∑ F = 0 benda dikatakan diam). Sedangkan untuk melakukan gerak rotasi maka haruslah ada resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut yakni momen gaya atau torsi.

 

Momen Gaya atau torsi dilambangkan dengan (τ) merupakan suatu besaran yang menyebabkan benda berotasi. Momen gaya atau torsi dihasilkan dari pengaruh besarnya gaya yang dikenakan pada suatu benda di titik tertentu dari sumbu putar benda tersebut. Momen gaya atau torsi dirumuskan sebagai berikut :

 

τ = F × d

 

Selain itu, momen gaya juga dapat dirumuskan dengan persamaan:

 

∑ τ = I α  

 

Dengan : Σ τ = momen gaya 

           I  = momen inersia

           α = pernepatan sudut

 

 

Jika pada benda bekerja momen gaya, maka benda mengalami percepatan sudut yang berati benda akan bergerak secara rotasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa penyebab dari gerak rotasi adalah Momen Gaya atau Torsi

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Dari Gerak Rotasi"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.