Bidang-Bidang Yang Saling Tegak Lurus Dalam Kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk persegi atau dapat juga dikatakan bahwa kubus adalah bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut dengan bidang enam beraturan karena memiliki 6 buah sisi dengan luas yang sama.

 

Tiap bidang yang ada pada kubus ada yang sejajar dengan bidang yang lainnya dan ada yang saling tegak lurus pada bidang yang lainnya. Nah pada postingan kali ini, Mafia Online akan membahas tentang bidang-bidang yang saling tegak lurus dalam bangun ruang kubus.

 

Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di bawah ini

Bidang-Bidang Yang Saling Tegak Lurus Dalam Kubus

Dalam bangun ruang kubus ada 6 buah bidang yani ABCD, BCGF, EFGH, ADHE, ABFE, dan DCGH. Semua bidang kubus tersebut memiliki pasangan bidang yang saling tegak lurus, yakni:

1. Bidang ABCD dengan bidang: ABFE, BCGF, CDHG, DAEH

2. Bidang BCGF dengan bidang: ABCD, ABFE, FGHE, CGHD

3. Bidang EFGH dengan bidang: ABFE, BCGF, CDHG, ADHE

4. Bidang ADHE dengan bidang: ABFE, ABCD, EFGH, DCGH

5. Bidang ABFE dengan bidang: ABCD, BCGF, ADHE, EFGH

6. Bidang DCGH dengan bidang: CGFB, ABCD, ADHE, EFGH

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa tiap bidang pada kubus akan terdapat empat buah bidang yang tegak lurus.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Bidang-Bidang Yang Saling Tegak Lurus Dalam Kubus"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.