website statistics Hukum Newton 1 (Pertama)

Hukum Newton 1 (Pertama)

Iklan
Iklan
Mafia Online => Pada postingan sebelumnya telah diposting bahwa setiap benda memiliki kelembaman, dan gaya dapat mengubah gerak benda. Sir Isaac Newton merumuskan hukum-hukum yang mengatur keterkaitan gaya dengan gerak. Ada tiga hukum Newton tentang gerak yaitu Hukum Newton 1 (pertama), Hukum Newton 2 (kedua), dan Hukum Newton 3 (ketiga)Mengapa saat berseluncur di perosotan air cenderung meluncur sisi di sekitar tikungan?
Pada postingan kali ini akan bahas dahulu hukum pertama Newton. Hukum pertama Newton (Hukum Newton 1) tentang gerak menyatakan bahwa sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan tetap akan terus bergerak dengan kecepatan tersebut kecuali ada gaya resultan bekerja pada benda itu. Jika sebuah benda dalam keadaan diam, benda tersebut tetap diam kecuali ada gaya resultan yang bekerja pada benda itu.
Hukum pertama Newton (Hukum Newton 1) sama dengan peristiwa kelembaman. Jadi, kamu akan dapat memahami mengapa hukum ini kadang-kadang disebut hukum kelembaman. Contoh tentang berlakunya hukum pertama Newton dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan Gambar berikut ini.

Orang itu mendorong gerobak dengan kecepatan tetap. Jerigen-jerigen itu juga bergerak dengan kecepatan tetap. Tidak ada gaya total yang bekerja pada gerobak maupun pada jerigen tersebut. Sumber gambar: Rinie, et al. 2008.

Gerobak menabrak penghalang, dan berhenti. Sementara itu, jerigen-jerigen kecil itu terus bergerak ke depan walaupun tidak ada yang mendorongnya. Kelembaman jerigen-jerigen itu membuatnya bergerak ke depan. Jerigen-jerigen itu juga mulai jatuh ke bawah karena gaya gravitasi menariknya ke bawah. Sumber gambar: Rinie, et al. 2008.
Akhirnya jerigen-jerigen kecil itu diam tergeletak di tanah. Sumber gambar: Rinie, et al. 2008.

Setiap benda memiliki sifat lembam (mempertahankan keadaan geraknya). Sebelum berbelok tubuh kita sedang bergerak lurus, maka tubuh kita akan cenderung mempertahankan keadaan geraknya (gerak lurus). Maka saat tubuh kita menikung, maka tubuh kita seakan terlempar menjauhi tikungan (sebenarnya itu adalah kelembaman tubuh kita yang mempertahankan geraknya semula, yaitu bergerak lurus). Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari mengenai hukum pertama Newton adalah penggunaan sabuk pengaman.


Refrensi:


Rinie, P. P., Kuswanti, N., Rahardjo., Rahayu, Y. S., & Amin, M. 2008.  Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukum Newton 1 (Pertama)"