Pengertian dan Contoh Soal Gaya Setimbang


Pernahkah Anda melihat pertandingan tarik tambang? Gambar di bawah ini memperlihatkan pertandingan tarik tambang. Dalam pertandingan tarik tambang kedua tim sama-sama mengerahkan gaya dengan arah berlawanan untuk mencapai kemenangan. Jika kedua tim mengeluarkan gaya yang besarnya sama maka tambang tersebut tidak bergerak. Gaya yang menarik tali ke kiri diimbangi dengan gaya yang menarik tali ke kanan. Gaya-gaya yang besarnya sama dan arahnya berlawanan yang bekerja pada sebuah benda disebut gaya-gaya setimbang.

Contoh gaya setimbang,   gaya-gaya yang besarnya sama dan arahnya  berlawanan yang bekerja pada sebuah tali
Sumber gambar: virginmojito.wordpress.com

Jadi, suatu benda dikatakan setimbang jika benda tersebut berada dalam keadaan stabil, dalam artian benda tersebut tidak mengalami perubahan gerak. Kesetimbangan adalah keadaan ketika resultan beberapa gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol (0). Jadi tidak semua gaya-gaya selalu mengubah kecepatan.

Rumus:
FR = 0
F1 + F2 + F3 + . . . +Fn = 0

Contoh Soal
Dua anak bermain tarik tambang, Anak A mengeluarkan gaya 40 N ke kanan sedangkan anak B mengeluarkan gaya 40 N ke kiri. Berapa resultan gaya yang bekerja pada tali dan ke mana arah resultan gaya tersebut?

Jawab:
Gaya yang mengarah ke kanan beri tanda positif (+) dan gaya yang mengarah ke kiri kita beri tanda negatife (-), maka:
FA = 40 N
FB = - 40 N

FR = FA + FB
FR = 40 N - 40 N
FR = 0
Karena resultan gayanya nol berati tali tersebut tidak bergerak atau diam.

Selain gaya-gaya setimbang nanti kita akan mengenal gaya-gaya yang tidak setimbang.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Gaya Setimbang"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.