Mengukur Massa Jenis Gas

Mafia Online sudah membahas mengenai cara mengukur massa jenis zat padat dan mengukurmassa jenis zat cair. Untuk mengukur massa jenis zat padat digunakan alat ukur yang namanya neraca dan gelas ukur, sedangkan untuk mengukur massa jenis zat cair digunakan alat yang namanya hidrometer. Lalu apa alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis gas? Bagaimana cara mengukur massa jenis zat gas? 

Secara langsung massa jenis gas dapat diukur dengan alat yang namanya "Gas Density Meter". Untuk gambarnya silahkan perhatikan di bawah ini.
gas density meter

Sedangkan secara tidak langsung massa jenis gas dapat diukur dengan menggunakan bola kaca khusus untuk menimbang gas atau dapat juga menggunakan siring jarum suntik yang telah dimodifikasi. Mula-mula, siapkan ruang vakum dengan volume tertentu di dalam siring. Lalu, massa siring yang memiliki ruang vakum tersebut ditimbang. Selanjutnya, ruang hampa dalam siring diisi dengan gas yang akan ditentukan massa jenisnya. Siring yang telah berisi gas tersebut ditimbang massanya. Selisih massa siring antara sebelum dan sesudah diisi gas merupakan massa gas. Volume gas adalah volume ruang hampa yang terdapat dalam siring. 

Dengan kedua data tersebut, kamu dapat menentukan massa jenis gas. Sebagai contoh, 100 mL udara memiliki massa 0,12 g, yang berarti massa jenis udara adalah 0,0012 g/mL atau 1,2 g/L. Contoh lainnya, 100 mL gas helium memiliki massa 0,017 g maka massa jenis helium adalah 0,00017 g/mL atau 0,17 g/L. Untuk zat berwujud gas, massa jenisnya juga dipengaruhi oleh tekanan.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Mengukur Massa Jenis Gas"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.