website statistics Hukum Newton 3 (ketiga) tentang Gerak

Hukum Newton 3 (ketiga) tentang Gerak

Pada postingan kali ini akan membahas mengenai Hukum Ketiga Newton tentang Gerak. Sebelum ke pembahasan, cobalah dorong tembok kelas atau tembok rumahmu dengan kedua tanganmu. Apa yang kamu rasakan? Kamu akan merasakan terdorong ke belakang. Semakin kuat kamu mendorongnya, semakin kuat pula kamu merasa terdorong ke belakang. Kakimu atau badanmu akan bergeser ke belakang. Jadi bila kamu memberikan gaya aksi pada sebuah tembok, pada saat yang sama tembok tersebut memberikan gaya reaksi kepadamu.

Mendorong tembok contoh pasangan aksi reaksi
Semakin kuat kamu mendorongnya, semakin kuat pula kamu merasa terdorong ke belakang. Kakimu atau badanmu akan bergeser ke belakang
Sumber Gambar: materi-forever.blogspot.com
Hukum ketiga Newton (Hukum Newton 3) tentang gerak menyatakan hubungan gaya aksi-reaksi tersebut, seperti ini: Apabila suatu benda mengerahkan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut mengerahkan gaya pada benda pertama sama besar dan berlawanan arahnya. Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan “Untuk setiap gaya aksi, terdapat suatu gaya reaksi yang besarnya sama dan arahnya berlawanan.” Dengan kata lain setiap gaya pasti memiliki pasangan yang besarnya sama dan arahnya berlawanan. Pasangan gaya ini disebut pasangan aksi-reaksi. 

hukum newton 3
Sumber gambar: elsmandagiri.com
Dari pernyataan "Untuk setiap gaya aksi, terdapat suatu gaya reaksi yang besarnya sama dan arahnya berlawanan" kita dapatkan hal menarik yang bisa kita simpulkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita tidak ingin mendapat reaksi yang berlebihan dari orang lain maka janganlah melakukan aksi yang berlebihan juga. Misalnya seorang gadis kalau di tempat umum, jangan berpakain yang norak pada saat di tempat umum jika tidak ingin mendapat reaksi yang buruk (bisa berakibat tindak kriminal pemerkosaan)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukum Newton 3 (ketiga) tentang Gerak"