website statistics Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Pengaruh Gaya Terhadap Benda


Apa yang terjadi pada sebuah benda saat gaya dikenakan pada benda tersebut? Apabila sebuah benda sedang bergerak, apakah gaya tersebut mengubah kecepatan benda itu? Perhatikan seorang pemain sepak bola yang baru saja menendang bola seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Kecepatan bola tersebut tentunya berubah begitu benturan terjadi. Jadi gaya dapat mengubah kecepatan benda.


Gaya Dapat Mengubah Kecepatan Benda

Sumber Gambar: detiksport.com

Mungkin kamu pernah bermain plastisin. Perhatikan plastisin yang sebelum ditekan berbentuk bulat seperti pada gambar di bawah ini. Pada saat menekan plastisin, tangan itu memberikan gaya kepada plastisin itu. Bagaimana bentuk plastisin setelah ditekan? Ya plastisin akan berubah bentuk. Ternyata gaya juga dapat menyebabkan bentuk benda berubah.

Contoh plastisin bulat sebelum dibentuk,   sebelum diberikan gaya plastisin berbentuk bulat
Sumber Gambar: olvista.com

Plastisin setelah dibentuk menjadi kerajinan, proses pembentukannya melibatkan gaya yakni dengan cara ditekan-tekan, seperti gambar berikut ini.
Plastisin setelah dibentuk menjadi kerajinan,   proses pembentukannya melibatkan gaya yakni dengan cara ditekan-tekan
Sumber Gambar: imbang88.wordpress.com


Jadi berdasarkan ilustrasi di atas maka dapat ditarik kesimpulan pengaruh gaya terhadap benda adalah sebagai berikut:
a) menyebabkan perubahan kecepatan gerak benda, misalnya buah kelapa yang jatuh dari pohonnya.
b) menyebabkan benda diam menjadi bergerak atau sebaliknya benda bergerak menjadi diam, misalnya menendang bola yang diam dan mengerem sepeda.
c) mengubah arah gerak benda, misalnya air mancur. Air seharusnya bergerak dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah karena diberikan gaya air tesebut berubah arah geraknya.
d) mengubah bentuk suatu benda, misalnya membuat mainan dari palstisin yang pada awalnya bebentuk bulatan menjadi boneka.
e) mengubah posisi benda, misalnya mendorong meja hingga berpindah tempat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Gaya Terhadap Benda"