Pengertian dan Contoh Besaran Secara Fisika

Untuk menguasai ilmu fisika konsep dasar yang harus Anda kuasai adalah konsep besaran, karena konsep ini merupakan konsep dasar. Dari tingkat SD samapai tingkat SMA bahkan sampai diperguruan tinggi konsep ini terus digunakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Mafia Online akan membahas mengenai pengertian besaran secara fisika. Apa sih itu besaran fisika? "Binatang" apakah besaran fisika itu? Penasaran? Oke langsung aja ke topik. 

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar sepeda motor bergerak dengan kecepatan 100 km/jam, dokter mengukur suhu badan pasien, waktu yang ditempuh oleh pelari 100 menit untuk menyelesaikan lomba, panjang penggaris budi 30 cm,  pemandangan dipegunungan sangat indah, aktor yang ganteng, dan pejabat yang jujur. Kecepatan, suhu, panjang dan waktu dapat diukur dengan alat dan dapat dinyatakan dengan angka. Oleh karena itu, kecepatan, suhu, panjang dan waktu merupakan besaran fisika atau cukup ditulis besaran saja. Indah, ganteng dan jujur bukan besaran fisika karena tidak dapat dinyatakan dengan angka dan tidak dapat diukur dengan alat.
Motor balap bergerak dengan kecepatan tertentu


Jadi secara fisika besaran dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang bisa dinyatakan dengan angka dan dapat diukur dengan alat ukur. Dalam ilmu fisika, suatu besaran selalu diikuti oleh satuannya. Apa pengertian satuan?
TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Pengertian dan Contoh Besaran Secara Fisika"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.