Ciri-ciri Zat Berdasarkan Wujudnya

Mungkin anda sudah tahu bagaimana bentuk batu, air dan udara yang ada di dalam balon. Berdasarkan wujudnya zat dibagi menjadi 3 jenis, yakni zat padat, zat cair dan zat gas. Bagaimana ciri-ciri zat berdasarkan wujudnya tersebut?

Zat Padat 
Ciri zat padat yaitu bentuk dan volumenya tetap. Contohnya kelereng yang berbentuknya bulat, dipindahkan ke gelas akan tetap berbentuk bulat. Begitu pula dengan volumenya. Volume kelereng akan selalu tetap walaupun berpindah tempat ke dalam gelas. Hal ini disebabkan karena daya tarik antarpartikel (kohesi) zat padat sangat kuat. Pada umumnya zat padat berbentuk kristal (seperti gula pasir atau garam dapur) atau amorf (seperti kaca dan batu granit). 
Batu contoh benda padat

Partikel zat padat memiliki sifat yang menybabkan volume dan bentuk zat padat selalu tetap. Adapun sifat zat padat sebagai berikut: 
(a) Letak antar partikelnya sangat berdekatan 
(b) Susunan partikelnya teratur 
(c) Gerakan partikelnya tidak bebas, hanya bergetar dan berputar di tempatnya

Zat Cair 
Zat cair mempunyai sifat bentuk berubah-ubah dan volumenya tetap. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel pada zat cair berdekatan tetapi renggang, tersusun teratur, gaya tarik antar partikel (kohesi) agak lemah. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat cair mudah berpindah tetapi tidak dapat meninggalkan kelompoknya.

Zat cair memiliki volume tetap tetapi bentuk berubah-ubah sesuai dengan yang ditempatinya. Apabila air dimasukkan ke dalam gelas, maka bentuknya seperti gelas, apabila dimasukkan ke dalam botol akan seperti botol. Tetapi volumenya selalu tetap. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel-partikel pada zat cair berdekatan tetapi renggang, tersusun teratur, gaya tarik antar partikel agak lemah. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat cair mudah berpindah tetapi tidak dapat meninggalkan kelompoknya. 

Partikel zat cair memiliki sifat yang menyebabkan volume zat cair tetap dan bentuknya yang berubah-ubah. Adapun sifat zat cair sebagai berikut: 
(a) Letak partikelnya berdekatan 
(b) Susunan partikelnya tidak teratur 
(c) Gerakan partikelnya agak bebas, sehingga dapat bergeser dari tempatnya, tetapi tidak lepas dari kelompoknya.

Zat Gas 
Ciri dari gas di antaranya bentuk dan volume berubah sesuai dengan tempatnya. Gas yang terdapat di balon memiliki bentuk dan volume yang sama dengan balon. Gas yang terdapat di dalam botol, bentuk dan volumenya sama dengan botol. Partikel-partikel gas bergerak acak ke segala arah dengan kecepatan bergantung pada suhu gas, akibatnya volumenya selalu berubah. Partikel zat gas memiliki sifat seperti berikut: 
(a) Letaknya sangat berjauhan 
(b) Susunannya tidak teratur 
(c) Gerakannya bebas bergerak, sehingga dapat bergeser dari tempatnya dan lepas dari kelompoknya, sehingga dapat memenuhi ruangan.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

2 Responses to "Ciri-ciri Zat Berdasarkan Wujudnya"

  1. di tambah lagi mata pelajaran nya..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip. tapi untuk saat ini kami fokus di Mafia (Matematika, Fisika dan Kimia) dulu. Terima kasih atas kunjungan saudara Rama Ajendra

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.