Apa Pengertian Campuran?


Setiap makluk hidup selalu bernafas dan menghirup udara dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2), di dalam udara yang dihirup makluk hidup bercampur berbagai gas. Gas yang terkandung di dalam udara seperti nitrogen, oksigen, karbon dioksida dan gas-gas lain. Demikian juga minuman dalam kaleng (soft drink), anak timbangan (kuningan), dan adonan bahan bangunan atau adonan kue juga merupakan campuran. Jadi apa pengertian campuran?

Pernahkah kamu membuat segelas air gula? Air gula merupakan contoh campuran yang dibentuk oleh air dan gula. Sifat asal dari air dan gula tersebut tidak hilang sama sekali pada campuran tersebut. Air akan terasa tawar dan gula terasa manis. Setelah tercampur jadi satu, rasa-rasa dari penyusun tersebut masih ada. Jadi dapat disimpulkan bahwa campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali

Air gula merupakan contoh campuran. Sumber: http://skripsiairku.wordpress.com
Campuran dapat dibentuk dari gabungan unsur dengan unsur, senyawa dengan senyawa atau senyawa dengan unsur. Beberapa contoh campuran adalah air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, sirup buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.

Contoh larutan Heterogen. Sumber gambar:  fitriaeko81.wordpress.com 

Pada postingan Mafia Online sebelumnya telah memposting bahwa materi yang ada di alam berdasarkan jumlah zat penyusunnya dapat dikelompokkan menjadi zat murni/tunggal dan campuran. Pada postingan selanjutnya Mafia Online akan membahas lebih lanjut mengenai campuran. Di mana berdasarkan sifatnya, campuran dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. silahkan baca postingan Mafia Online untuk mengetahui lebih jelas apa itu campuran homogen dan campuran heterogen.


TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Apa Pengertian Campuran?"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.