Pengertian Unsur Secara Kimia

Pada postingan sebelumnya sudah membahas mengenai pengertian zat dan zat murni. Unsur merupakan salah satu zat murni. Apa pengertian unsur secara kimia?

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa. Jumlah unsur sampai sekarang ada 114 jenis. Dari 114 jenis unsur itu, sebanyak 92 jenis unsur terdapat di alam, sedangkan sisanya merupakan unsur buatan. Untuk mengetahui unsur-unsur tersebut, kamu dapat melihat daftarnya dalam tabel Sistem Periodik Unsur Gambar berikut ini.

Tabel Sistem Periodik Unsur 

Sebagian besar unsur dapat ditemukan keberadaannya di alam dan sebagian yang lain merupakan unsur buatan yang hanya ditemukan keberadaannya dengan cara percobaan di laboratorium. Berdasarkan sifat-sifat yang dimilikinya, unsur dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu unsur logam dan unsur bukan logam (nonlogam).
Contoh dari unsur logam adalah besi, tembaga, emas, platina, dan raksa. Sifat-sifat unsur logam, di antaranya:
1)               pada suhu kamar (25°C) umumnya berwujud padat;
2)              dapat menghantarkan arus listrik
3)              mengkilap;
4)              dapat ditempa dan dibentuk;
5)              memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi.
Berbeda dengan unsur logam, unsur bukan logam atau nonlogam memiliki sifat-sifat, di antaranya:
1)               ada yang berwujud padat, cair, atau gas;
2)              tidak dapat menghantarkan arus listrik
3)              tidak mengilap;
4)              tidak dapat ditempa;
5)              memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah.
Contoh dari unsur bukan logam adalah karbon, oksigen, neon, nitrogen, dan hidrogen.
Untuk memudahkan komunikasi di antara para ilmuwan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, dalam sejarah kimia sudah dicoba beberapa upaya untuk menyederhanakan nama unsur-unsur dengan menggunakan lambang. Sebelum berkembangnya cara penulisan lambang unsur, seperti yang berlaku sekarang ini, dikenal beberapa penulisan lambang unsur yang pernah digunakan, yakni lambang unsur pada zaman alkimia, lambang unsur menurut Dalton dan lambang unsur menurut J. J Berzelius (digunakan sampai sekarang).
Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Pengertian Unsur Secara Kimia". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 10:31 AM

No comments:

Post a Comment