website statistics 10 Contoh Prisma Segi Enam Dalam Kehidupan Sehari-Hari

10 Contoh Prisma Segi Enam Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian adalah bangun ruang yang mempunyai bidang alas dan bidang atas yang sejajar dan kongruen serta sisi tegaknya berbentuk jajargenjang atau persegi panjang yang tegak lurus ataupun tidak tegak lurus terhadap bidang alas dan bidang atasnya. Berdasarkan bentuk alasnya, terdapat prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, prisma segi enam dan seterusnya. 


Silahkan baca juga: pengertian, jenis-jenis, dan sifat-sifat prisma

 

Nah pada postingan kali ini Mafia Online akan membahas tentang contoh prisma segi enam dalam kehidupan sehari-hari

 

1. Sarang Lebah

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya lebah. Hewan yang satu ini sangat familiar karena bisa menghasilkan madu yang memiliki segudang manfaat. Tahukah kamu bahwa sarang lebah berbentuk prisma segi enam beraturan.

Contoh Prisma Segi Enam Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sarang lebah
Img by: pixabay.com


2. Devil Domain (Takeshi's Castle)

Devil Domain merupakan sebuah tantangan dalam acara Takeshi's Castle yang sering tayang di TV Nasional. Tantangan yang satu ini kita mengenalnya sebagai Honeycomb Maze atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Labirin Sarang Lebah, ya karena bentuk tantangan ini seperti sarang lebah yang ruangannya berbentuk prisma segi enam beraturan.

Contoh Prisma Segi Enam Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ruangan pada tantanga Honeycomb Maze
Img by: YT SS
 

3. Paving Block (Ubin)

Paving block atau ubin ini sering kita temui di halaman rumah atau di gang jalanan seperti gambar di bawah ini.

Contoh Prisma Segi Enam Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Paving Block

Pada umumnya bentuk paving block ini berupa prisma segi enam beraturan.


4. Mur Baut

Benda yang satu ini sering kita jumpai di bengkel-bengkel. Mur baut biasanya digunakan untuk menyatukan bagian-bagian yang terpisah pada sepeda motor. Bentuk mur baut berupa prisma segi enam dengan sebuah lubang di dalamnya.

10 Contoh Prisma Segi Enam Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Mur baut
 

5. Toples Kaca

Toples kaca ini sering kita lihat di warung-warung yang biasanya digunakan untuk menyimpan aneka camilan atau makanan ringan.


6. Rak Dinding Hexagon

Untuk mempercantik ruangan atau kamar, biasanya ditempeli dengan rak dinding. Selain mempercantik ruangan, rak dinding ini juga bisa berfungsi untuk meletakan benda atau barang-barang seperti buku, pulpen atau benda lainnya. Kini yang paling ngetrend bentuk rak dinding adalah rak dinding berbentuk prisma segi enam yang dikenal dengan nama Rak Dinding Hexagon.


7. Jam Dinding Hexagon

Selain rak dinding hexagon, jam dinding juga ada yang berbentuk prisma segi enam. Tidak hanya sebagai penunjuk waktu, jam dinding hexagon juga mampu menambah keindahan interior kamar lho.


8. Kaleng Krupuk

Selain toples, kaleng tempat penyimpanan krupuk yang sering kita lihat diwarung –warung juga memiliki bentuk prisma segi enam.


9. Tas Rotan

Benda yang satu ini kini sedang ngetrend lho. Tidak hanya disukai oleh anak muda, tas yang terbuat dari rotan ini juga diminati oleh ibu-ibu lho. Bentuknya yang unik dan lain dari tas pada umumnya membuat tas ini menjadi populer, bahkan artis yang sering tayang di TV Nasional ada juga yang memakai tas ini. Selain bentuknya yang bundar dan segi empat, tas rotan ini juga ada yang berbentuk prisma segi enam.


10. Pensil

Benda yang satu ini tidak asing bagi kamu. Pensil sering digunakan untuk menggambar. Jika kita perhatikan, selain berbentuk tabung (silinder) beberapa pensil ada yang berbentuk prisma segi enam seperti pesil 2B dan 4B. Bahkan ada pensil warna yang bentuknya berupa prisma segi enam seperti gambar di bawah ini.

Pensil warna berbentuk prisma segi enam
img by: Pixnio.com

Demikian artikel tentang 10 contoh prisma segi enam dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu menemukan contoh lain (selain yang disebutkan di atas) prisma segi enam dalam kehidupan sehari-hari, bisa dituliskan di kolom komentar.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "10 Contoh Prisma Segi Enam Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.