Apa Pengertian Senyawa

Mungkin kalian bingung dengan pengertian dari senyawa dan molekul. Apakah senyawa dan molekul memiliki definisi yang berbeda atau sama? Baiklah kita sekarang akan bahas terlebih dahulu tentang senyawa. Senyawa adalah zat yang tersusun oleh dua unsur atau lebih yang berbeda dan dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana melalui suatu reaksi kimia serta memiliki sifat yang berbeda dari unsur-unsur penyusunnya. Sekarang mafia online akan membahas definisi tersebut agar lebih dimengerti.
Dari definisi terseut menekankan tiga kalimat penting yakni “dua atau lebih unsur yang berbeda, dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana melalui suatu reaksi kimia, dan memiliki sifat yang berbeda dari unsur-unsur penyusunnya”.
Sekarang kita akan bahas kalimat yang pertama yaitu bahwa senyawa merupakan zat yang tersusun dari dua atau lebih unsur yang berbeda. Contoh senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu garam meja yang sering dikenal dengan istilah “garam dapur”, di mana garam dapur terdiri dari dua unsur yang berbeda, yakni unsur Natrium dan unsur Klor. Contoh yang lain lagi yaitu senyawa air, di mana senyawa air terdiri dari dua unsur yang berbeda yaitu unsur Hidrogen dan unsur Oksigen.
Ilustasi gambar senyawa garam dapur
Sumber gambar: webschool.org.uk

Kalimat yang kedua menekankan dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana melalui suatu reaksi kimia. Contohnya adalah senyawa gula. Jika kita memanaskan gula dengan panas yang tinggi, gula akan terurai menjadi karbon dan uap air. Air yang kita peroleh dari hasil penguraian gula ini kemudian dapat diuraikan lagi menjadi hidrogen dan oksigen melalui reaksi kimia yang lain. Dengan demikian maka air, seperti halnya gula merupakan suatu senyawa.

Kalimat yang ketiga menekankan bahwa senyawa memiliki sifat yang berbeda dari unsur-unsur penyusunnya. Contohnya adalah garam dapur atau dikenal sebagai garam meja yang tersusun atas unsur klor dan natrium. Garam ini memiliki sifat yang sangat berbeda dengan sifat-sifat unsur penyusunnya. Berikut ini adalah perbandingan sifat garam dapur (natrium klorida) yang terbentuk dari hasil reaksi kimia antara unsur klor dan natrium. Sifat garam dapur, antara lain berwujud padat, berwarna putih, berasa asin, dan berguna bagi kesehatan. Sifat unsur natrium, antara lain berbentuk padatan (unsur logam) dan mudah bereaksi dengan udara atau air sehingga harus disimpan dalam minyak (jika bereaksi dengan air akan meledak). Sifat unsur klor, antara lain berwujud gas, berwarna kuning, dan beracun (berbahaya bagi kesehatan). Contoh yang lain lagi yaitu reaksi antara Hidrogen (H) dan oksigen (O2), diperoleh zat baru yang disebut air, yaitu:
H + O2 ——–> H2O
Pada reaksi tersebut, dihasilkan zat baru yang sifatnya berbeda dari unsur-unsur penyusunnya. Hidrogen adalah gas yang sangat ringan dan mudah terbakar, sedangkan oksigen adalah gas yang terdapat di udara yang sangat diperlukan tubuh kita untuk pembakaran. Tampak jelas bahwa sifat air berbeda dengan sifat hidrogen dan oksigen.
Selain garam dapur, masih banyak contoh-contoh senyawa sederhana yang dekat dengan kehidupan kita. Tabel berikut ini menyajikan beberapa contoh senyawa sederhana tersebut dan rumus kimianya beserta jumlah masing-masing unsur yang menyusun satu partikel senyawa tersebut.



Bagian yang lebih kecil dari senyawa disebut molekul. Molekul-molekul yang bergabung dalam jumlah yang banyak akan membentuk senyawa. Misalnya, senyawa air terdiri dari jutaan molekul air. Jadi bisa juga dikatakan bahwa senyawa merupakan zat yang tersusun lebih dari satu molekul yang sama. Misalnya senyawa asam cuka yang tersusun dari jutaan molekul asam cuka. Lalu apa perbedaan senyawa dan molekul?
Setiap senyawa adalah molekul, namun setiap molekul belum tentu senyawa”. Senyawa merupakan gabungan minimal 2 unsur berbeda, sedangkan molekul merupakan gabungan minimal 2 unsur bisa sama bisa juga berbeda.
Untuk lebih jelas pengertian molekul silahkan baca portingan mafia online yang berjudul Apa Sih Molekul Itu?
Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Apa Pengertian Senyawa". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 8:16 AM

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif