website statistics Cara Menentukan pH Suatu Larutan

Cara Menentukan pH Suatu Larutan


Pernahkah Anda mendengar istilah rambut terbelah? Kelainan ini berupa terbelahnya batang rambut berawal dari ujung rambut sampai pangkal rambut. Kerusakan ini terjadi akibat penggunaan zat-zat kimia memiliki pH tinggi yang mengakibatkan kekeringan di kulit rambut atau karena menurunnya kualitas keratin rambut sejak pertumbuhannya. Belahan rambut yang terjadi di ujung-ujung rambut saja dapat diatasi dengan menggunting bagian rambut yang terbelah. Belahan yang terlalu panjang dapat diatasi dengan pemakaian conditioner. Bagaimana kita bisa mengetahui suatu zat kimia memiliki pH tinggi? Bagaimana cara menentukan pH suatu zat kimia atau larutan kimia?


Derajatkeasaman atau Potenz Hydrogen (pH) suatu larutan dapat ditentukan menggunakan indikator universal dan pH meter.

Indikator Universal
Indikator universal merupakan campuran dari bermacam-macam indikator yang dapat menunjukkan pH suatu larutan dari perubahan warnanya. Indikator universal ada dua macam yaitu indikator yang berupa kertas dan larutan.
1) Indikator Kertas (Indikator Stick)
Indikator kertas berupa kertas serap dan tiap kotak kemasan indikator jenis ini dilengkapi dengan peta warna. Penggunaannya sangat sederhana, sehelai indikator dicelupkan ke dalam larutan yang akan diukur pH-nya. Kemudian dibandingkan dengan peta warna yang tersedia.

indikator universal

2) Larutan Indikator
Salah satu contoh indikator universal jenis larutan adalah larutan metil jingga (Metil Orange = MO). Pada pH kurang dari 6 larutan ini berwarna jingga, sedangkan pada pH lebih dari 7 warnanya menjadi kuning. Contoh indikator cair lainnya adalah indikator fenolftalin (Phenolphtalein = pp). pH di bawah 8, fenolftalin tidak berwarna, dan akan berwarna merah anggur apabila pH larutan di atas 10 (Gambar berikut).

larutan indikator

Potenz Hydrogen (pH) Meter
Pengujian sifat larutan asam basa dapat juga menggunakan pH meter. Penggunaan alat ini dengan cara dicelupkan pada larutan yang akan diuji, pada pH meter akan muncul angka skala yang menunjukkan pH larutan.

pH meter
Sumber:  ilmubawang.blogspot.com

Demikian postingan Mafia Online yang berjudul cara menentukan pH suatu larutan. Semoga artikel ini menjadi bermanfaat.

Artikel Terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menentukan pH Suatu Larutan"