Aturan Penulisan Rumus Kimia dan Nama Senyawa Sederhana


Suatu senyawa sederhana dapat disusun oleh unsur logam dan unsur nonlogam atau unsur nonlogam dengan nonlogam. Aturan penamaan senyawa dipengaruhi oleh jenis unsur yang membentuknya. Oleh karena itu, aturan penamaan senyawa terbagi menjadi dua bagian, yaitu aturan untuk penulisan nama dari sebuah senyawa sederhana yang disusun oleh unsur logam dan nonlogam serta aturan untuk penulisan nama dari sebuah senyawa sederhana yang disusun oleh unsur nonlogam dan nonlogam.

Senyawa dari unsur Logam dan Nonlogam
Aturan untuk penulisan nama dari sebuah senyawa sederhana yang disusun oleh unsur logam dan nonlogam adalah:
1.        Nama unsur logam ditulis terlebih dahulu.
2. Nama unsur nonlogam ditulis setelah nama unsur logam dan ditambahkan akhiran -ida.
Contohnya: NaCl disusun oleh natrium (logam) dan klorin (nonlogam). Jadi nama untuk NaCl adalah natrium klorida. MgCl2 disusun oleh magnesium (logam) dan klorin (nonlogam). Jadi nama untuk MgCl2 adalah magnesium klorida.

Senyawa dari unsur Nonlogam dan Nonlogam
Untuk senyawa sederhana yang disusun oleh unsur nonlogam, aturan penulisan nama senyawa tersebut adalah:
1.     Nama unsur nonlogam yang pertama dituliskan terlebih dahulu.
2.   Apabila jumlah atom unsur nonlogam yang pertama lebih dari satu, maka penulisannya diawali dengan jumlah atom unsur tersebut dalam bahasa Latin.
3.   Nama unsur nonlogam yang kedua dituliskan setelah nonlogam yang pertama dengan diawali oleh jumlah atom unsur tersebut dalam bahasa Latin dan diakhiri dengan akhiran -ida.

Perlu diingat, ini hanya untuk senyawa sederhana saja, dalam artian senyawa yang tersusun dari dua unsur baik itu unsur logam maupun nonlogam. Masih banyak ada tata nama untuk senyawa yang lain. Misalnya tata nama senyawa berdasarkan bilangan oksidasi akan berbeda untuk tata namasenyawa sederhana atau senyawa biner. Artikel ini hanya sebagai dasar penamaan senyawa. Makanya dikenal dengan istilah senyawa sederhana.
Untuk mengetahui tata nama senyawa yang lain, misalnya tata nama senyawa biner, senyawa ion atau karbon, silahkan baca pada postingan Mafia Online selanjutnya. Jumlah atom suatu unsur dalam bahasa Latin dapat dilihat pada tabel berikut ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aturan Penulisan Rumus Kimia dan Nama Senyawa Sederhana"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.