Pengertian Suhu dan Alat Mengukur Suhu

Mungkin Anda tidak asing dengan yang namanya es. Anda pasti sudah tahu bagaimana rasanya es tersebut? Dinginnya es, panasnya api, dan hangatnya air menunjukkan derajat suhu suatu benda atau zat. Suatu benda atau zat disebut panas berarti benda atau zat itu bersuhu tinggi, sebaliknya benda yang dingin berarti bersuhu rendah, dan benda yang hangat berarti bersuhu sedang. Jadi apa pengertian suhu?

 es merupakan benda bersuhu rendah


Berdasarkan ilustrasi di atas maka kita akan peroleh pengertian suhu. Jadi, pengertian suhu adalah ukuran tingkat atau derajat panas atau dinginnya suatu benda atau zat. Berdasarkan pengertian tersebut bisakah tangan digunakan untuk mengukur suhu benda?

Tangan tidak dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur besarnya derajat suhu suatu benda. Salah satu indra peraba kita dapat merasakan panas dan dinginnya benda. Indra tersebut tidak ada kaitannya dengan besarnya angka derajat suhu. Indra hanya dapat merasakan panas, hangat, dan dingin. 

Apa nama alat yang digunakan untuk mengukur suhu benda? Ya. Jawabnnya adalah termometer. 

termometer, alat yang digunakan untuk mengukur suhu benda

Tahukah zat cair pengisi termometer? Ada berapa jenis-jenis termometer?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Suhu dan Alat Mengukur Suhu"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.