Pengertian Ion


Pada bagian sebelumnya kamu telah pelajari bahwa jika pewarna dilarutkan dalam air maka senyawa tersebut akan terurai menjadi molekul-molekulnya. Nah, pada kesempatan ini Mafia Online akan membahas mengenai pengertian ion. Apa pengertian ion?

Tidak semua senyawa tersusun atas molekul, beberapa senyawa ternyata tersusun atas ion-ion. Pengertian ion adalah suatu atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik. Ion dari atom terbentuk ketika suatu atom melepas atau menerima elektron. Jika atom menerima elektron, maka akan berubah menjadi ion negatif (anion). Sebaliknya jika atom melepaskan elektron, maka akan berubah menjadi ion positif (kation). Tabel berikut menyajikan contoh atom dan ion.


Suatu senyawa yang terusun dari ion-ion dinamakan senyawa ion. Jika garam dapur dilarutkan dalam air, maka akan terurai menjadi ion positif dan ion negatif. Garam dapur merupakan contoh senyawa ion.


Demikian postingan mafia online mengenai pengertian ion. Semoga postingan ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.


Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Pengertian Ion". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Luh Gede 8:39 AM

No comments:

Post a Comment