Penerapan Konsep Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebelumnya Mafia Online sudah membahas tentang penerapan konsep tekanan pada zat padat. Nah kali ini admin akan membahas tentang penerapan atau kejadian yang berkaitan dengan tekanan udara (gas) dalam kehidupan sehari-hari.

Angin
Angin adalah udara yang bergerak dari suatu tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang tekanannya lebih rendah. Jika suatu daerah mempunyai tekanan udara yang sangat rendah, udara di sekelilingnya akan mengitari daerah tersebut sehingga membentuk pusaran angin. Kekuatan angin ini bisa sangat besar dan menerbangkan benda-benda yang dilaluinya. Bentuk angin seperti ini disebut angin siklon. Angin ini bersifat merusak jika tempat terjadinya pusaran dekat dengan tempat tinggal penduduk.
Penerapan Konsep Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hari
Angin beritup

Angin biasanya dimanfaatkan oleh para nelayan yang melaut. Mereka memanfaatkan angin darat dan angin laut. Apa itu angin darat dan angin laut? (Silahkan baca artikel yang berjudul Pengertian Angin Darat dan Angin Laut serta Manfaatnya)

Prakiraan Cuaca
Bagaimana para ahli meteorologi dapat memperkirakan cuaca? Para ahli meteorologi mencatat perubahan tekanan udara di suatu tempat, kemudian data hasil pengamatan tersebut dianalisis dan diinterpretasi. Misalkan, jika pada suatu tempat tekanan udara rendah, udara dari tempat yang bertekanan lebih tinggi akan bergerak ke daerah tersebut. Angin tersebut membawa uap air. Karena tekanan udaranya rendah, uap air tersebut akan jatuh ke Bumi dalam bentuk hujan. Begitu pun sebaliknya, di suatu daerah cuacanya akan cerah jika tekanan di daerah tersebut tinggi yang berarti udara dari tempat tersebut akan bergerak ke daerah lain yang tekanan udaranya lebih rendah. Alat untuk mencatat perubahan tekanan udara secara terus menerus disebut barograf.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Penerapan Konsep Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hari"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.