website statistics Penerapan Konsep Tekanan dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Konsep Tekanan dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebelumnya Mafia Online sudah membahas tentang pengertian tekanan dalam ilmu fisika. Disadari atau tidak, ternyata kita sudah menerapkan konsep tekanan dalam memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Berikut ini diberikan peralatan yang menerapkan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

Kapak
Kapak sudah ada sejak zaman prasejarah. Pada dasarnya kapak yang digunakan pada zaman prasejarah maupun zaman sekarang menggunakan konsep yang sama yakni konsep tekanan. Di mana mata kapak dibuat tajam untuk memperbesar tekanan sehingga memudahkan kita untuk memotong atau membelah kayu. Orang yang memotong kayu dengan kapak yang tajam akan lebih sedikit mengeluarkan tenaganya daripada jika ia menggunakan kapak yang tumpul dengan gaya yang sama. 
Penerapan Konsep Tekanan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kapak
Jadi, kapak yang baik adalah kapak yang mempunyai luas permukaan bidang yang kecil. Dalam bahasa sehari-hari luas permukaan kapak yang kecil disebut tajam.

Sirip Ikan
Sirip ikan yang lebar memungkinkan ikan bergerak dalam air karena memperoleh gaya dorong dari gerakan siripnya yang lebar. Sirip ini memberikan tekanan yang besar ke air ketika sirip tersebut digerakkan. Akibatnya, ikan memperoleh gaya dorong air sebagai reaksinya.

Sepatu Salju
Orang-orang yang hidup di daerah bersalju secara langsung atau tidak telah memanfaatkan konsep tekanan. Mereka membuat sepatu salju yang luas alasnya besar sehingga mampu memperkecil tekanan berat tubuhnya pada salju. Hal ini mempermudah mereka berjalan di atas salju.

Paku dan Jarum
Paku dan jarum ujungnya dibuat runcing untuk memperbesar tekanan sehingga memudahkan kita untuk menancapkannya. Paku yang runcing akan lebih mudah menancapkannya ke tembok maupun kayu, dibandingkan dengan paku yang tumpul. Begitu juga dengan jarum, akan lebih mudah menancapkannya ke kain, jika jarum tersebut runcing.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Penerapan Konsep Tekanan dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.