Pengertian dan Contoh Timbre (Warna Bunyi)

Di dalam suatu keramaian, kamu pasti mendengar berbagai macam bunyi. Ada suara laki-laki, perempuan, anak-anak, dan sebagainya. Telingamu mampu membedakan bunyi-bunyi tersebut. Ketika sebuah gitar dan organ memainkan lagu yang sama, kamu masih dapat membedakan suara kedua alat musik tersebut. Meskipun kedua alat musik tersebut mempunyai frekuensi yang sama, tetapi bunyi yang dihasilkan oleh kedua sumber bunyi tersebut bersifat unik.

Keunikan setiap bunyi dengan bunyi lainnya meskipun mempunyai frekuensi yang sama disebut sebagai warna bunyi. Jadi timbre atau warna bunyi adalah perbedaan bunyi yang dihasilkan antara dua bunyi walaupun kedua bunyi tersebut memiliki nada yang sama.

Seperangkat alat gamelan dari jawa tengah dan yogyakarta
sumber: goblokku.wordpress.com

Contoh warna bunyi adalah seperangkat alat gamelan yang terdiri dari kendang, rebab dan cemplung, gambang, gong, dan seruling bambu. Semua alat gamelan tersebut memiliki bunyi yang berbeda-beda walaupun dimainkan dengan nada yang sama.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

3 Responses to "Pengertian dan Contoh Timbre (Warna Bunyi)"

  1. Contoh warna suara apa aja y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh yang lain tentang warna bunyi adalah seperangkyat alat musik yang terdiri dari gitar, drum, seruling, viano dan lain-lain. Walaupun dimainkan dengan nada yang sama semua alat musik tersebut memiliki bunyi yang berbeda.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.