Pengertian Himpunan

Pengertian Himpunan => Secara sederhana, himpunan artinya kumpulan benda (objek). Sedangkan dalam dunia matematika himpunan didefiniskan sebagai suatu kumpulan benda (objek) tertentu dengan batasan yang jelas, sehingga dengan tepat dapat diketahui objek yang termasuk himpunan dan yang tidak termasuk dalam himpunan tersebut.

Contoh yang termasuk himpunan adalah kumpulan hewan berkaki dua. Kita ketahui kumpulan hewan berkaki dua antara lain ayam, itik, burung pipit dan pinguin. Jadi, kumpulan hewan berkaki dua adalah suatu himpunan, karena setiap hewan yang memiliki kaki dua, maka hewan tersebut pasti termasuk dalam kumpulan tersebut. 

 Himpunan hewan berkaki dua yaitu ayam, pinguin, burung pipit dan bebek 

Contoh lain lagi tentang himpunan adalah kumpulan warna lampu lalu lintas. Kita ketahui bahwa kumpulan warna lampu lalu lintas adalah merah, kuning, dan hijau. Jadi kumpulan warna lampu lalu lintas adalah termasuk suatu himpunan, karena dengan jelas dapat ditentukan anggotanya. Lalu bagaimana dengan kumpulan lukisan indah? Apakah termasuk ke dalam himpunan?

Kumpulan lukisan indah tidak dapat disebut himpunan, karena lukisan indah menurut seseorang belum tentu indah menurut orang lain. Dengan kata lain, kumpulan lukisan indah tidak dapat didefinisikan dengan jelas. Contoh lain yang bukan termasuk himpunan adalah kumpulan wanita cantik di Indonesia karena wanita cantik menurut seseorang belum tentu cantik menurut orang lain. Jadi, kumpulan wanita cantik bukan termasuk himpunan.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian himpunan adalah kumpulan benda-benda (objek) yang mempunyai batasan yang jelas.

Bagaimana menotasikan suatu himpunan? Bagaimana anggota dari himpunan itu sendiri? Bagaimana menyatakan suatu himpuanan? Selengkapnya silahkan baca "notasi himpunan, anggota himpunan dan menyatakan himpunan"
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian Himpunan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.