Pengertian Angin Darat dan Angin Laut Serta Manfaatnya

Pengertian angin adalah udara yang bergerak dari suatu tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang tekanannya lebih rendah. Angin dimanfaatkan oleh para nelayan untuk pergi ke laut mencari ikan dan pulangnya juga memanfaatkan angin. Angin yang dimanfaatkan oleh para nelayan bernama angin laut dan angin darat. Apa itu angin darat dan angin laut?

 

Angin Darat dan Angin Laut
Perahu nelayan
Img: pngwing.com

Angin darat merupakan jenis angin yang bergerak dari daratan ke lautan. Angin darat terjadi pada malam hari. Pada malam hari daratan lebih dingin dibandingkan lautan, karena sifat daratan yang cepat menerima panas dan cepat menerima dingin. Tentunya daratan menjadi daerah yang mempunyai tekanan lebih tinggi dibadingan dengan lautan. Akibatnya udara bergerak dari daratan (tekanan tinggi) ke lautan (tekanan rendah). Angin darat biasanya digunakan oleh para nelayan untuk berangkat mencari ikan ke laut.


Sedangkan angin laut merupakan jenis angin yang bergerak dari lautan ke daratan. Jika angin darat terjadi pada malam hari, angin laut justru sebaliknya, yakni terjadi pada siang hari. Hal ini disebabkan karena pada siang hari suhu di laut lebih dingin dibandingkan dengan suhu daratan. Hal ini disebabkan sifat laut (perairan) yang lambat menerima panas dan lambat melepaskannya, sehingga laut menjadi daerah yang mempunyai tekanan lebih  tinggi dibandingan dengan tekanan di daratan. Akibatnya udara akan bergerak dari lautan (tekanan tinggi) ke daratan (tekanan rendah). Angin laut digunakan oleh para nelayan untuk pulang dari laut.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian Angin Darat dan Angin Laut Serta Manfaatnya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.