Pengertian Pengungkit atau Tuas


Bagaimana acaranya mencabut paku yang menancap di sebuah papan? Untuk mencabut paku yang menancap di sebuah papan biasaya menggunakan palu pengungkit, seperti gambar di bawah ini.
Palu pengungkit merupakan salah satu alat yang menerapkan prinsip pesawat sederhana jenis pengungkit. Apa pengertian pengungkit?

Secara fisika pengungkit merupakan batang yang dapat berputar terhadap titik tetap. Jika ujung tuas yang satu diungkit ke bawah, maka ujung yang lain akan memberikan dorongan ke atas. Titik tetap pada pengungkit disebut tumpuan atau titik tumpu. Sistem kerja tuas terdiri atas tiga bagian, yaitu beban, titik tumpu, dan kuasa.  Bagian pengungkit yang dikenai gaya kuasa disebut lengan kuasa, sedangkan bagian pengungkit yang mengerjakan gaya beban (berat benda) disebut lengan beban. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya, bahwa salah keuntungan pesawat sederhana adalah menghasilkan gaya yang besar meskipun gaya yang dikeluarkan kecil atau memperkecil gaya yang kita keluarkan. Begitu juga dengan tuas atau pengungkit yang berfungsi sebagai alat pembesar gaya. Kita akan memperoleh gaya yang besar dengan menggunakan tuas meski gaya yang kita keluarkan kecil, sehingga keuntungan menggunakan tuas adalah gaya yang dihasilkan lebih besar daripada gaya yang dikeluarkan. Besarnya gaya yang dihasilkan bergantung pada panjang lengan gaya dan panjang lengan beban. Makin besar perbandingannya, makin besar pula gaya ungkit yang dihasilkan.

Berdasarkan posisi bagian-bagian sistem kerjanya, maka pengungkit atau tuas dikelompokkan menjadi tiga, yaitu tuas jenis pertama, kedua, dan ketiga. Bagaimana jenis-jenis pengungkit atau tuas tersebut? Apa perbedaan ketiga jenis pengungkit atau tuas?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pengungkit atau Tuas"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.