website statistics Pengertian, Jenis-Jenis dan Sifat-Sifat Limas

Pengertian, Jenis-Jenis dan Sifat-Sifat Limas


Sebelum membahas tentang limas, sekarang coba perhatikan gambar di bawah ini.

Mungkin Anda sudah pernah melihat gambar di atas, baik melihatnya di tv atau melihatnya secara langsung di Mesir. Gambar tersebut merupakan gambar salah satu gambar keajaiban dunia yang terdapat di negara Mesir yang dikenal dengan nama piramida. Piramida tersebut alasnya berbentuk persegi.  

Jika digambarkan secara geometris, maka gambar piramida di atas akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Jika diperhatikan gambar di atas, bangun ruang tersebut memiliki 5 buah sisi dan memiliki titik puncak. Berbeda halnya dengan limas yang memiliki bidang samping berbentuk persegipanjang, bangun ruang tersebut memiliki bidang samping yang berbentuk segitiga. Bangun ruang tersebut disebut limas segiempat.

Jadi, limas adalah bangun ruang yang alasnya berbentuk segi banyak (segitiga, segi empat, atau segi lima) dan bidang sisi tegaknya berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik. Titik potong dari sisi-sisi tegak limas disebut titik puncak limas.

Seperti halnya limas, pada limas juga diberi nama berdasarkan bentuk bidang alasnya. Jika alasnya berbentuk segitiga maka limas tersebut dinamakan limas segitiga. Jika alas suatu limas berbentuk segi lima beraturan maka limas tersebut dinamakan limas segi lima beraturan.

Berikut beberapa contoh gambar limas sesuai dengan namanya.


Berdasarkan pengertian tersebut, apakah kerucut bisa dikatakan bangun ruang limas?

Untuk memahami apakah kerucut bisa dikatakan bangun ruang limas, sekarang perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar di atas sebelah kiri menunjukkan bangun limas segi banyak beraturan. Jika rusuk-rusuk pada bidang alasnya diperbanyak secara terus-menerus maka akan diperoleh bentuk yang mendekati kerucut (gambar di atas sebelah kiri). Oleh karena itu, kerucut dapat dipandang sebagai limas. Kerucut memiliki bidang alas berupa daerah lingkaran dan bidang sisi tegaknya berupa bidang lengkung yang disebut selimut kerucut.

Jadi, secara umum, sifat-sifat limas adalah sebagai berikut: setiap sisi bagian samping limas berbentuk segitiga dan limas memiliki titik puncak.

Untuk contoh soal tentang jenis dan sifat limas, silahkan baca postingan Mafia Online yang berjudul “Contoh Soal Tentang Jenis dan Sifat Limas”. Salam Mafia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis dan Sifat-Sifat Limas"