website statistics Contoh Bidang Miring Baji dan Sekrup

Contoh Bidang Miring Baji dan Sekrup

Pengetian dari bidang miring adalah jalur atau permukaan yang landai atau miring yang digunakan untuk memperkecil gaya yang kita keluakan.  Contoh penerapan bidang miring yakni: (1) menaikan benda yang massanya besar ke atas truk dengan menggunakan papan,  (2) jalan di pegunungan dibuat berbelok-belok, dan (3) tangga. Itu merupakan contoh bidang miring yang diam, akan tetapi ada bidang miring yang  bergerak yakni baji dan sekrup.

Baji 
Apakah kamu pernah mendengar alat yang disebut baji? Jika belum, mungkin kamu bisa membayangkan alat-alat yang digunakan tukang kayu bakar untuk memotong-motong kayu di hutan. Baji adalah pesawat sederhana yang menggunakan dua bidang miring yang disatukan. Baji biasa digunakan untuk membelah suatu bidang, salah satunya kayu. Pada baji, bidang yang hendak dibelah diam, sementara bidang miringnya digerakkan naik-turun. Alat yang mudah ditemukan yang merupakan jenis baji adalah kampak, pisau, dan pahat.
Contoh Bidang Miring Baji
Sekrup 
Sekrup adalah pesawat sederhana yang dibentuk dari bidang miring yang dililitkan mengitari sebuah batang atau silinder sebagai pusatnya sehingga terlihat sebagai spiral. Sekrup dapat digunakan untuk mengikat atau merekatkan dua buah benda. Jika kamu mengamati sebuah sekrup, kamu akan lihat uliran berupa bidang miring yang bergerak dari ujung sekrup hingga dekat puncaknya. Saat kamu memutar sekrup, uliran seolah-olah menarik sekrup ke dalam kayu. Sebenarnya, bidang miring pada sekrup itu bergeser melalui kayu.

Contoh Bidang Miring Sekrup

Ketika kita akan mengaitkan dua buah papan kayu, alat yang bisa digunakan adalah paku yang ditancapkan dengan palu atau sekrup yang ditancapkan menggunakan tuas (obeng). Gaya yang dibutuhkan untuk menancapkan paku pada kayu lebih besar daripada gaya yang dibutuhkan untuk menancapkan sekrup pada kayu. Hal ini menunjukkan bahwa prinsip kerja sekrup sebagai pesawat sederhana adalah mempermudah usaha manusia karena dengan usaha yang sedikit dapat menghasil gaya yang besar.

Keuntungan mekanik bidang miring dapat dihitung rumus:

Keuntungan Mekanis Sekrup
Di mana:
r = jari-jari lengan gaya pemutar sekrup
d = interval sekrup

Untuk contoh soal silahkan baca "Contoh Soal dan Pembahasan Keuntungan Mekanis Sekrup"
 
Prinsip sekrup ini digunakan untuk mengkontruksi jalan raya di pegunungan, sehingga jalan raya dibuat berbelaok-belok supaya jalan menjadi agak landai dari sebelumnya sehingga gaya yang diperlukan untuk menuju puncak pegunungan menjadi lebih kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Bidang Miring Baji dan Sekrup"