Zat Mendidih pada Suhu yang Tetap Jika Tekanan Tidak Berubah

Sesuai dengan konsepnya bahwa suhu air akan terus naik sesuai dengan penambahan kalor. Akan tetapi, saat zat mendidih, suhu air seakan-akan tidak berubah. Pada saat mendidih, suhu air tetap padahal kalor terus kamu berikan. Kalor yang diterima air tidak digunakan untuk menaikkan suhu, tetapi digunakan untuk mengubah wujud air menjadi uap. Kalor yang diberikan tersebut seakan-akan tersembunyi. Kalor ini dinamakan kalor laten. Titik pada saat zat tepat mulai mendidih disebut titik didih.
Pada tekanan 1 atm (76 cmHg) air mendidih pada suhu 100°C. Titik didih ini disebut titik didih normal. Pada tekanan di bawah 1 atm, air mendidih di bawah 100°C, sedangkan di atas tekanan 1 atm, air mendidih di atas 100°C. Sekarang, kamu dapat memahami bahwa memasak air di dataran tinggi lebih cepat mendidih daripada di pantai karena tekanan di dataran tinggi kurang dari 1 atm.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zat Mendidih pada Suhu yang Tetap Jika Tekanan Tidak Berubah"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.