Pengertian Gelombang Secara Sederhana

Mungkin anda sudah tidak asing mendengar kata gelombang. Misalnya gelombang stunami, gelombang radio, dan lain sebagainya. Tahukah anda apa pengertian gelombang? Sebelum mengetahui apa pengertian gelombang coba perhatikan ilustrasi berikut. Apa yang terjadi pada saat kamu melemparkan batu ke dalam kolam yang tenang airnya? 

Saat kamu melemparkan batu ke kolam yang tenang, tampak permukaan air membentuk bukit dan lembah yang merambat di atas permukaan air. Getaran terus merambat menjauhi tempat jatuhnya batu dan semakin melebar. Bentuk permukaan air seperti bukit dan lembah yang merambat inilah yang disebut gelombang. Berdasarkan ilustrasi tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa pengertian gelombang adalah getaran yang merambat melalui suatu medium. Dalam hal ini mediumnya adalah air. 

Jika ada daun di atas permukaan air maka saat terbentuk gelombang tampak daun ikut bergerak turun naik tapi tidak berpindah. Hal itu menunjukkan medium tempat gelombang merambat tidak bergerak bersama rambatan gelombangnya. Medium hanya bergetar di sekitar kedudukan normalnya. Kedudukan normal merupakan kedudukan permukaan air sebelum batu jatuh. Saat angin membentuk gelombang pada permukaan laut maka gelombang akan merambat ke pantai dan pecah sebagai ombak. Ombak yang menghantam kita saat dipantai mampu membuat kita terjatuh, hal ini menunjukkan dalam perambatannya, gelombang membawa energi.  

Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Ada lagi jenis belombang yang lain, yaitu berdasarkan arah rambatannya, gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gelombang Secara Sederhana"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.