Penerapan / Aplikasi Massa Jenis Zat Dalam Kehidupan

Kita sudah mengetahui bagaimana pengertian massa jenis, cara mengukur massa jeniszat padat, mengukur massa jenis zat cair dan mengukur massa jenis gas. Apa guna kita cuma bisa mengetahui saja tanpa bisa menerapkan dari konsep massa jenis tersebut. Penerapan/aplikasi konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak sekali. 

Pada kesempatan ini Mafia Online akan membahas contoh penerapan/aplikasi konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi pada artikel ini hanya membahas tiga (3) contoh penerapan/aplikasi konsep massa jenis yaitu penerapan konsep massa jenis pada kapal selam, balon gas, dan air minum dingin di dalam lemari es. 

Penerapan Konsep Massa Jenis Pada Kapal Selam 
Tahukah kamu mengapa es dapat terapung di air, sedangkan batu tenggelam dalam air? Es memiliki massa jenis lebih kecil dari air, sehingga es dapat terapung dalam air. Batu tenggelam dalam air karena memiliki massa jenis lebih besar daripada air.  Tahukah kamu mengapa kapal selam dapat terapung dan tenggelam di air? Padahal massa jenis besi lebih besar daripada massa jenis air laut, seharusnya kapal selam tersebut tenggelam di dasar lautan. Lalu mengapa kapal selam bisa mengapung dipermukaan lautan? 

Ketika terapung massa jenis total kapal selam lebih kecil dari air laut dan sewaktu tenggelam massa jenis total kapal selam lebih besar dari air laut. Kapal selam memiliki tangki pemberat yang berisi air dan udara. Tangki tersebut terletak di antara lambung kapal sebelah dalam dan luar. Tangki dapat berfungsi membesar atau memperkecil massa jenis total kapal selam. Ketika air laut dipompa masuk ke dalam tangki pemberat, massa jenis kapal selam lebih besar dan sebaliknya agar massa jenis total kapal selam menjadi kecil, air laut dipompa keluar. 

Penerapan Konsep Massa Jenis Pada Balon Gas 
Pernahkah kamu melihat balon udara? Tahukah kamu, gas apa yan terdapat di dalamnya? Balon gas berisi gas helium. Gas helium memiliki massa jenis yang lebih kecil dari udara, sehingga balon gas bisa naik ke atas. 

Penerapan Konsep Massa Jenis pada Air Minum Dingin di Dalam Lemari Es 
Suatu ketika kamu mungkin pernah melihat dalam botol air minum dingin yang berasal dari lemari es terdapat endapan kapur. Kenapa hal itu dapat terjadi? Air yang jernih dapat juga mengandung kapur, namun apabila dilihat langsung dengan mata tidak kelihatan. Ketika air dingin massa jenis air lebih kecil dan terpisah dari kapur sehingga kapur yang memiliki massa jenis lebih besar akan turun ke bawah dan mengendap.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan / Aplikasi Massa Jenis Zat Dalam Kehidupan"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.