Mengetahui Jumlah Campuran Suatu Zat

Salah satu cara untuk mengetahui jumlah campuran suatu zat adalah komposisi penyusunnya atau kadar yaitu bilangan yang menyatakan jumlah zat tersebut dalam sejumlah campuran. Kadar suatu zat dalam campuran dapat dinyatakan dalam persen massa, persen volum atau persejuta (bpj atau ppm = part per milion)
1)        Persen Massa
Persen massa menyatakan jumlah gram suatu zat dalam 100 gram campuran. Misalnya: kadar emas 75%, berarti dalam campuran tersebut mengandung 75 gram emas dalam setiap 100 gram campuran.
2)        Persen volume
Persen volum menyatakan jumlah ml suatu zat dalam 100 ml campuran. Misalnya: volume cuka dalam air 60%. Berarti dalam 100ml larutan terdapat 60 ml cuka.
3)        Bagian per sejuta (bpj)/ppm
Bagian persejuta (bpj) atau part per milion (ppm). Menyatakan jumlah bagian suatu zat dalam sejuta bagian campuran. Misalnya: kadar polutan dalam sampel udara di jakarta 22 bpj, berarti dalam 1 juta liter udara di jakarta terdapat 22 liter gas polutan.
  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengetahui Jumlah Campuran Suatu Zat"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.