website statistics Bukti Dimensi Berat Sama Dengan Gaya

Bukti Dimensi Berat Sama Dengan Gaya

Untuk bisa membuktikan bahwa dimensi berat sama dengan dimensi gaya, kamu harus paham dengan pengertian berat dan pengertian gaya dalam fisika. Tidak hanya pengertiannya saja, kamu juga harus paham dengan cara mencari rumus atau persamaan untuk menentukan berat dan gaya pada ilmu fisika, bahkan satuan dari berat dan gaya itu sendiri.

Bukti Dimensi Berat Sama Dengan Gaya
Dimensi berat dan gaya


Kalau kamu belum paham tenang kedua hal tersebut, silahkan baca postingan Mafia Online sebelumnya yakni:

 

Oke jika kamu sudah paham tentang berat dan gaya pada ilmu kita lanjut ke topik utama yaitu membuktikan bahwa dimensi berat sama dengan gaya.

 

Dimensi Berat

Berat benda didefinisikan sebagai hasil kali massa benda dengan percepatan gravitasi yang dirumuskan dengan persamaan:

w = m.g

 

Satuan dari massa adalah kg dan berdimensi [M], sedangkan satuan dari percepatan gravitasi adalah m/s2 dan memiliki dimensi [L][T]-2, sehinga dimensi untuk berat yakni:

[berat] = [massa] [percepatan gravitasi]

[berat] = [M][L][T]-2

 

Dimensi Gaya

Seusai dengan hukum II Newton, gaya didefinisikan sebagai hasil kali massa benda dengan percepatan benda yang dirumuskan dengan persamaan:

F = m.a

 

Satuan dari massa adalah kg dan berdimensi [M], sedangkan satuan dari percepatan benda adalah m/s2 dan memiliki dimensi [L][T]-2, sehingga dimensi untuk gaya yakni:

[gaya] = [massa] [percepatan]

[gaya] = [M][LT-2]

[gaya] = [M][L][T]-2

 

Nah berdasarkan pemaparan di atas, maka dapat dibuktikan bahwa dimensi berat sama dengan dimensi gaya yaitu [M][L][T]-2.

 

Untuk melihat contoh soal yang lain tentang analisis dimensi, silahkan baca postingan Mafia Online tentang “10 Contoh Soal Analisis Dimensi Dalam Fisika”. Demikian artikel tentang membuktikan bahwa dimensi berat sama dengan dimensi gaya.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Bukti Dimensi Berat Sama Dengan Gaya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.