website statistics Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?

Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?

Mungkin ada yang bertanya berapa sih jumlah bidang diagonal balok? Atau berapa banyak bidang diagonal balok? Untuk bisa mencari banyaknya bidang diagonal balok, kamu harus paham terlebih dahulu dengan apa sih pengertian bidang diagonal?

Oke, admin akan bahas tentang pengertian bidang diagonal terlebih dahulu. Bidang diagonal suatu balok adalah bidang yang dibatasi oleh dua rusuk dan dua diagonal bidang suatu bangun ruang balok. Perhatikan gambar bangun ruang balok ABCD.EFGH di bawah ini.

Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?
Diagonal bidang ABGH pada balok ABCD.EFGH

Sesuai dengan definisi bidang diagonal maka pada balok ABCD.EFGH bidang ABGH merupakan bidang diagonal karena sisi-sisinya dibatasi oleh dua rusuk (rusuk AB dan rusuk GH) dan dibatasi oleh dua diagonal bidang atau diagonal sisi (garis AH dan BC).

Nah selain bidang ABGH, ada lagi bidang diagonal pada balok ABCD.EFGH, seperti gambar di bawah ini.

Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?
Diagonal bidang CDEF pada balok ABCD.EFGH

Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?
Diagonal bidang AFGD pada balok ABCD.EFGH

Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?
Diagonal bidang BCHE pada balok ABCD.EFGH

Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?
Diagonal bidang ACGE pada balok ABCD.EFGH

Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?
Diagonal bidang BFHD pada balok ABCD.EFGH


Berdasarkan gambar di atas, setiap bidang diagonal pada balok memiliki bentuk persegi panjang. Pada bangun ruang balok ada 6 buah bidang diagonal. Untuk bangun ruang balok ABCD.EFGH adapun bidang diagonalnya yakni bidang ABGH, CDEF, BFDH, ACGE, AFGD, dan BCHE.

Bagaimana mencari luas bidang diagonal pada balok? Silahkan baca artikel Mafia Online sebelumnya yang berjudul “Cara Mencari Luas Bidang Diagonal Balok”. Oke demikian artikel tentang berapa bidang diagonal balok, lengkap dengan gambar ilustrasi. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Berapa Banyak Bidang Diagonal Balok?"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.