website statistics Inilah 10 Alat yang Bekerja Berdasarkan Hukum Pascal

Inilah 10 Alat yang Bekerja Berdasarkan Hukum Pascal

Prinsip hukum Pascal sekarang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memudahkan kerja manusia. Hampir sebagian besar alat-alat yang menerapkan prinsip Pascal digunakan untuk mengangkat benda-benda yang massanya besar yang tidak bisa diangkat secara manual (dengan tenaga manusia). Oke langsung saja, berikut admin bagikan 10 alat yang bekerja berdasarkan hukum Pascal.

 

1. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik biasanya digunakan untuk mengangkat mobil agar bisa melepaskan ban ketika akan diganti. Prinsip kerja dongkrak hidrolik menerapkan prinsip Hukum Pascal. Di mana pada saat pengisap kecil diberi gaya tekan, gaya tersebut akan diteruskan oleh fluida (minyak) yang terdapat di dalam pompa. Akibatnya, minyak dalam dongkrak akan menghasilkan gaya angkat pada pengisap besar dan dapat mengangkat beban di atasnya.

Inilah 10 Alat yang Bekerja Berdasarkan Hukum Pascal
Dongkrak hidrolik

2. Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil

Mesin hidrolik pengangkat mobil ini memiliki prinsip yang sama dengan dongkrak hidrolik. Perbedaannya terletak pada perbandingan luas penampang pengisap yang digunakan. Pada mesin pengangkat mobil, perbandingan antara luas penampang kedua pengisap sangat besar sehingga gaya angkat yang dihasilkan pada pipa berpenampang besar dan dapat digunakan untuk mengangkat mobil.

 

3. Rem Hidrolik

Rem hidrolik biasanya digunakan pada mobil, bus dan truk. Prinsip kerjanya hampir sama seperti dongkrak hidrolik. Ketika pedal rem ditekan, gaya yang diberikan pada pedal akan diteruskan ke silinder utama yang berisi minyak rem. Selanjutnya, minyak rem tersebut akan menekan bantalan rem yang dihubungkan pada sebuah piringan logam sehingga timbul gesekan antara bantalan rem dengan piringan logam. Gaya gesek ini akhirnya akan menghentikan putaran roda.

 

4. Alat Pengepress Hidrolik

Mesin press hidrolik biasa digunakan di bengkel untuk memperbaiki bagian motor yang  bengkok akibat benturan pada kecelakaan dan tidak bisa diluruskan dengan tenaga manusia. Selain itu, mesin pres hidrolik juga digunakan untuk mengepress kertas, kardus, kaleng atau plastik bekas agar volumenya menjadi kecil dan mudah diditribusikan ke tempat lain. Cara kerja mesin press hidrolik ini hampir sama seperti cara kerja pompa hidrolik. Mesin ini memiliki dua silinder yaitu silinder kecil dan silinder master atau silinder besar. Prosesnya cairan oli hidrolik dimasukkan ke dalam silinder kecil. Piston didorong untuk memampatkan oli hidrolik di dalamnya yang kemudian mengalir ke silinder master melalui pipa.

 

5. Mesin Pengepres Kapas

Mesin ini digunakan untuk mengepres kapas menjadi bal-bal yang relatif kecil sehingga mempunyai ukuran yang cocok untuk disimpan atau didistribusikan. Cara kerja mesin pengepres ini hampir sama seperti rem hidrolik. Mesin pengepres ini memiliki 2 silinder kecil yg terdiri dari pompa yang mendesakkan cairan ke silinder kecil. Jika seher silinder kecil di tekan ke bawah, maka akan ada dorongan pada seher silinder besar sehingga kapas akan termampatkan.


6. Pompa Hidrolik

Cara kerja pompa hidrolik sederhana adalah dengan memberikan tekanan pada suatu kolom berisi minyak atau zat cair. Jika memberikan tekanan pada sisi kanan pipa, maka sisi kiri pipa akan terangkat dan memberikan gaya yang besar ke sisi kiri pipa tersebut.

 

7. Mobil Forklift Hidrolik

Gudang-gudang industri dan perusahaan-perusahaan logistik pada umumnya menggunakan alat bantu angkat yang satu ini. Alat ini mampu mengangkat sekitar 2.5 ton sampai dengan 15 ton. Forklift menggunakan pompa hidrolis mengangkat barang.


8. Kempa Hidrolik

Kempa hidrolik dapat digunakan untuk menumbuk biji-bijian yang akan diambil minyaknya. Selain untuk menumbuk biji-bijian, kempa hidrolik biasanya juga digunakan untuk mencetak plat logam menjadi peralatan memasak seperti panci, piring, dan lain sebagainya.


9. Dump Truck Hidrolik

Dump Truck merupakan kendaraan yang biasa digunakan untuk mengangkut material seperti tanah, batu, kerikil, pasir dan hasil tambang lainnya. Untuk mengisi muatan ke dalam truk, biasanya membutuhkan alat berat, sedangkan untuk membongkar muatan bisa dilakukan dengan cara mengangkat bagian depan bak dengan teknologi hidrolik agar bak miring ke belakang sehingga muatan bisa melorot turun ke tempat yang sudah ditentukan.


10. Scissor Lift atau Lift Hidrolik

Scissor Lift adalah alat angkat dengan mekanisme kerja dengan menggunakan tenaga hidrolik. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis tangga bantu lainnya yaitu untuk menjangkau ketinggian yang sulit dijangkau secara manual.


Selain yang disebutkan di atas, masih banyak alat-alat yang menerapkan prinsip berdasarkan hukum Pascal, misalnya alat pengepres plastik makanan atau snack makanan ringan, alat pemeras santan, dan lain sebagainya. Jika kamu menemukan alat-alat yang berkerja berdasarkan hukum Pascal selain yang disebutkan di atas, silahkan tulis di kolom komentar 👇.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Inilah 10 Alat yang Bekerja Berdasarkan Hukum Pascal"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.