Cara Menghitung Luas Permukaan Limas


Dalam menentukan luas permukaan prisma kita menggunakan jaring-jaring prisma. Nah, dengan cara yang sama seperti cara menentukan luas permukaan prisma kita bisa menentukan luas permukaan suatu limas dengan menggunakan jarring-jaringnya. Hal pertama yang Anda harus ketahui adalah gambar jarring-jaring sebuah limas. 

Sekarang perhatikan gambar di bawah ini! 

Menentukan Luas Permukaan Limas


Perhatikan gambar di atas sebelah kiri menunjukkan limas segi empat T.ABCD dengan alas berbentuk persegi, sedangkan pada gambar di atas sebelah kanan merupakan jaring-jaring limas segi empat tersebut. Berdasarkan jarring-jaring tersebut maka luas permukaan limas (Lpl) dapat dicari yakni:
Lpl = L. ABCD + L. TAB + L. TBC + L. TCD + L. TAD

L. ABCD merupakan luas alas limas, sedangkan L. TAB, L. TBC, L. TCD, dan L. TAD merupakan luas sisi miringnya. Maka secara umum luas permukaan limas dapat dirumuskan sebagai berikut:
Luas permukaan limas = luas alas + jumlah luas seluruh sisi tegak

Untuk memantapkan pemahaman anda mengenai konsep luas permukaan limas, perhatikan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal
Alas sebuah limas berbentuk persegi dengan panjang sisinya 12 cm. Jika tinggi segitiga pada sisi miring 10 cm, hitunglah luas permukaan limas tersebut.

Penyelesian:
Dalam menjawab soal ini Anda harus mencari luas alas dan luas sisi miringnya. Kita cari luas alasnya yang berbentuk persegi yakni:
L.alas = s2
L.alas = (12 cm)2
L.alas = 144 cm2

Sekarang cari luas sisi miringnya yang berbentuk segitiga dengan rumus luas segitiga yaitu:
L∆ = ½ x s x t
L∆ = ½ x 12 cm x 10 cm
L∆ = 60 cm2

Karena ada empat sisi miring maka luas seluruh sisi miringnya adalah:
L. sisi miring = 4 x L∆
L. sisi miring = 4 x 60 cm2
L. sisi miring = 240 cm2

Sekarang terakhir menghitung luas permukaan limas dengan menjumlahkan luas alas dengan luas seluruh sisi miring, yakni:
L. Permukaan limas = L.alas +L.sisi miring
L. Permukaan limas = 144 cm2 + 240 cm2
L. Permukaan limas = 384 cm2

Demikianlah postingan Mafia Online tentang cara menentukan luas permukaan limas dan contoh soalnya. Mohon maaf, jika ada kesalahan dalam perhitungan di atas. Untuk contoh soal dan pembahasan tentang luas permukaan limas silahkan tunggu postingan Mafia Online berikutnya. Salam Mafia => Aku pasti bisa.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

2 Responses to "Cara Menghitung Luas Permukaan Limas"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.