Pengertian Besaran dan Satuan

Sebelumnya Mafia Online sudah mengulas tentang besaran fisika dan besaran non fisika. Pada postingan tersebut sudah disinggung bahwa besaran adalah sesuatu yang dapat dinyatakan dengan angka atau nilai dan memiliki satuan. Besaran memerlukan angka. Angka dari besaran itu memerlukan pengiring. Panjang meja akan memiliki angka dengan pengiringnya. Tidak hanya panjang meja 150, tetapi panjang meja 150 cm. Tidak juga suhu tubuh orang yang sehat 37, tetapi suhu tubuh orang sehat 37 derajat Celsius. Begitu juga dengan besaran lainnya. Pengiring angka pada besaran itu disebut satuan. Jadi, satuan adalah ukuran dari besaran yang berupa angka atau nilai. 

Untuk lebih memahami pengertian besaran dan satuan, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
a.  Pembalap tersebut mampu mengedarai sepeda motor dengan kecepatan 200 km/jam
b.     Panjang penggaris Budi 32 cm
c.      Eka Santika ke sekolah memerlukan waktu 30 menit
d.     Tinggi pintu Agus 30 jengkal
Kecepatan, panjang, waktu,dan tinggi merupakan besaran, sedangkan 200, 30, 32 dan 10 merupakan nilai besaran. Sementara km/jam, cm, menit dan depha merupakan satuan.
Pengertian Besaran dan Satuan
Sumber: Dok Pribadi

Setelah memahami pengertian besaran dan satuan, maka selanjutnya mempelajari jenis-jenis besaran. Besaran dibedakan menjadi dua kelompok yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Selain itu ada pembagian besaran yang lain berdasarkan besarnya nilai dan arahnya, yaitu besaran vektor dan besaran skalar.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Pengertian Besaran dan Satuan"

  1. Uda hampir setahun anak ngga kesekolah, mereka banyak waktu dirumah. Sebagai ibu rumah tangga materi ini sangat
    simple dan mudah untuk dipahami. Materi ini saya ajarkan kepada anak anak dirumah dalam mengisi waktu luang mereka .materi ini sangat membantu Terima kasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.