Keuntungan dan Contoh Soal Pengungkit atau Tuas


Pengungkit memudahkan usaha dengan menggandakan gaya kuasamu dan mengubah arah gayamu. Kamu telah mempelajari bahwa keuntungan mekanik pesawat dapat dihitung dengan membagi gaya beban dengan gaya kuasa. Panjang lengan kuasa adalah jarak dari tumpuan sampai titik bekerjanya gaya kuasa. Panjang lengan beban adalah jarak dari tumpuan sampai dengan titik bekerjanya gaya beban.

Perhatikan gambar di atas, jika benda yang akan diungkit memiliki berat wB, diletakkan pada ujung tuas, yang diletakkan pada titik tumpu sejauh lB, maka kita akan memerlukan gaya sebesar FK pada jarak lk untuk mengungkitnya. lB adalah lengan beban yang merupakan jarak beban terhadap titik tumpu, sedangkan lk adalah lengan kuasa yang merupakan jarak gaya terhadap titik tumpu. Saat benda dapat diungkit maka akan berlaku:
wB . lB = FK . lk

Perbandingan antara berat beban dan gaya kuasa atau perbandingan antara lengan kuasa dan lengan beban disebut keuntungan mekanis. Keuntungan mekanik (KM) pengungkit dapat dicari dengan persamaan:
KM = wB/FK  
Atau
KM= lK/lB

Contoh Soal
Sebuah tuas memiliki lengan beban 10 cm dan lengan kuasa 1 m. Jika kita ingin mengangkat beban yang memiliki berat 50 N, berapa gaya yang harus kita gunakan? tentukan pula keuntungan mekanis alat tersebut !

Penyelesaian :
lB = 10 cm
lK = 1 m = 100 cm
wB = 50 N

wB . lB = FK . lK
FK = wB . lB/lK
FK = 50 N . 10 cm/100 cm
FK = 5 N
Jadi gaya yang harus dikeluarkan untuk mengangkat beban tersebut adalah 5 N

Keuntungan mekanis alat,
KM = wB/FK  
KM = 50 N/5 N
KM = 10
Jadi, keuntungan mekanis sistem pengungkit atau tuas tersebut adalah 10.

Untuk contoh soal-soal yang lebih menantang tentang tuas atau pengungkit silahkan baca postingan Mafia Online yang berjudul "Contoh Soal dan Pembahasan Tentang Pengungkit atau Tuas"
TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Keuntungan dan Contoh Soal Pengungkit atau Tuas"

  1. Saya sangat amat berterimaksih karena blog ini sangat membantu saya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.