Deklinasi dan Inklinasi Di Permukaan Bumi

Salah satu fungsi atau kegunaan magnet adalah sebagai kompas.   Coba Anda ambil kompas dan letakkan di tempat yang datar dengan penunjuk utara (N) tepat menunjuk arah utara. Kemudian coba amati kutub utara jarum kompas. Apakah kutub utara jarum kompas tepat menunjuk arah utara (N)? Ternyata tidak tepat, jarum kompas mengalami penyimpangan dengan sudut tertentu. Kenapa terjadi penyimpangan arah jarum kompas? Berapa sudut penyimpangannya?
Penyimpangan jarum kompas itu terjadi disebabkan karena letak kutub-kutub magnet bumi tidak tepat berada di kutub-kutub bumi, tetapi menyimpang terhadap letak kutub bumi. Hal ini berdampak terhadap garis-garis gaya magnet bumi juga mengalami penyimpangan terhadap arah utara-selatan bumi. Akibatnya penyimpangan kutub utara jarum kompas akan membentuk sudut terhadap arah utara-selatan bumi (geografis). Sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan arah utara-selatan geografis disebut deklinasi.
Selain terjadi penyimpangan arah utara dan selatan jarum kompas juga mengalami kedudukan yang tidak mendatar. Penyimpangan arah mendatar itu terjadi karena garis-garis gaya magnet bumi tidak sejajar dengan permukaan bumi (bidang horizontal). Akibatnya, kutub utara jarum kompas menyimpang naik atau turun terhadap permukaan bumi. Penyimpangan kutub utara jarum kompas akan membentuk sudut terhadap bidang datar permukaan bumi. Sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan bidang datar disebut inklinasi. Alat yang digunakan untuk menentukan besar inklinasi disebut inklinator.

Bagaimana cara mengukur atau mengetahui sudut deklinasi suatu tempat di bumi? Untuk mengukur atau mengetahui sudut deklinasi suatu tempat di bumi silahkan baca postingan Mafia Online yang berjudul “Cara Mengukur Atau Mengetahui Sudut Deklinasi SuatuTempat Di Bumi


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Deklinasi dan Inklinasi Di Permukaan Bumi"

  1. bagaimana cara mengukur sudut deklinasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan saudara. Untuk mengetahui cara mengukur sudut deklinasi silahkan kunjungi Cara Mengukur Atau Mengetahui Sudut Deklinasi Suatu Tempat Di Bumi

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.