website statistics Cara Mengukur Sudut Deklinasi Di Bumi

Cara Mengukur Sudut Deklinasi Di Bumi

Apakah Anda tahu bahwa jarum kompas tidak selalu menunjuk ke arah Utara? Kalau belum percaya silahkan ambil kompas lalu letakan di tempat yang datar. kompas harus berada pada posisi utara-selatan. Sekarang perhatikan jarum kompas! Apa yang terjadi?

Sebenarnya, hanya ada beberapa lokasi di bumi di mana jarum kompas itu menunjuk tepat ke arah utara (secara geografis). Arah di mana titik-titik jarum kompas dikenal sebagai Magnetik Utara, dan sudut antara Utara Magnetik dan arah utara yang sesungguhnya disebut sudut deklinasi magnetik.

Deklinasi magnetik bervariasi baik dari tempat ke tempat, dan dengan berlalunya waktu. Misalnya pantai timur Amerika Serikat, sudut deklinasi bervariasi dari 20 derajat ke barat (di Maine) ke nol (di Florida), sampai 10 derajat timur (di Texas). Deklinasi magnetik di daerah tertentu akan berubah perlahan-lahan dari waktu ke waktu, mungkin sebanyak 2-25 derajat setiap seratus tahun atau lebih, tergantung pada seberapa jauh dari kutub magnet itu. Cairan kompleks yang bergerak dalam inti luar bumi (wilayah logam cair yang terletak 2.800-5.000 km di bawah permukaan bumi) menyebabkan medan magnet berubah perlahan-lahan dengan waktu. Perubahan ini dikenal sebagai variasi sekuler. Karena variasi sekuler, nilai deklinasi ditampilkan pada topografi tua, grafik laut dan penerbangan perlu diperbarui jika mereka akan digunakan tanpa kesalahan besar. Sayangnya, koreksi perubahan tahunan yang diberikan pada sebagian besar peta tidak dapat diterapkan andal jika peta lebih dari beberapa tahun sejak Variasi sekular juga berubah dengan waktu secara tak terduga.

Gambar sudut deklinasi positif
Jika kompas di tempat Anda jarum kompas mengarah searah jarum jam dengan arah utara (True North) disebut dengan deklinasi positif atau timur. Jika kompas di tempat Anda menunjuk berlawanan arah jarum jam dengan arah utara (True North) disebut dengan deklinasi negatif atau barat.

Gambar sudut deklinasi negatif
Bagaimana cara mengukur sudut deklinasi suatu tempat? Ada dua cara yang dilakukan untuk mengukur sudut deklinasi suatu tempat, yaitu secara manual yang agak ribet dan menggunakan situs magnetic-declination.com yang tersedia di dunia maya.

Kita bahas terlebih dahulu cara mengetahui sudut deklinasi suatu tempat secara manual. Untuk mengetahui sudut deklinasi suatu tempat secara manual dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan kompas dan busur derajat.

Gambar busur  derajat setengah lingkaran
Letakan kompas di tempat yang datar, usahakan kompas berada pada posisi utara (True North). Perlu diingat, bukan jarum kompas yang berada posisi utara (True North) tetapi kompasnya saja (tempat menaruh jarum kompas). Setelah kompas berada pada posisi benar maka letakan busur derajat di atas kompas. Lalu hitunglah berapa derajat sudut deklinasinya. Cara ini memang agak ribet dan belum tentu akurat hasil perhitungannya, karena kita tidak tahu yang mana arah utara yang sesungguhnya (true north). Lalu bagaimana cara mengetahui sudut deklinasi secara tepat dan akurat? 

Gambar kompas dengan jarum kompas yang mengalami deklinasi
Untuk mengetahui sudut deklinasi secara tepat dan akurat dapat dilakukan dengan memanfaatkan situs magnetic-declination.com yang tersedia di internet. Berikut langkah-langkah untuk mengetahui sudut deklinasi di suatu tempat:
  1. Silahkan kunjungi situs magnetic-declination.com (tinggal klik saja linknya)
  2. Masukan lokasi yang anda ingin cari sudut deklinasinya di Find your location di sebelah kiri (tepatnya di bawah gambar kompas), misalnya saya ingin mengetahui sudut deklinasi di daerah daerah singaraja yang ada di bali
  3. Kemudian akan muncul tanda di map (peta) seperti gambar di bawah ini
    Ini berarti ada tiga tempat yang kemungkinan namanya singaraja, yaitu di daerah jawa barat, jawa tengah dan bali
  4. Kemudian kalau ukuran petanya masih kecil maka bisa diperbesar lagi dengan cara mengklik tanda + pada pojok kiri atas peta

  5. Arahkan kursor mouse anda ke daerah yang anda ingin cari deklinasinya, lalu klik tanda merah tersebut

  6. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini
    ini berati sudut deklinasi daerah singaraja yang ada di bali adalah 1° 28’ dengan sudut deklinasi magnetik positif atau timur.

Demikian postingan mafia online tentang cara mengukur atau mengetahui sudut deklinasi suatu tempat di bumi. Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya pada Mafia Lover.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mengukur Sudut Deklinasi Di Bumi"

Ngabidin . said...

Artikelnya sangat bermanfaat, ohya menu dropdown template ini kalau saya buka pakai browser internet explorer 9 tidak semuanya bisa kebuka, tampilanya ada yang beda, silahkan di cek sob? saya baru tahu setelah ada yang komentar di blog saya dan ternyata template ini juga sama. Bagaimana cara mengatasinya ya?

Anonymous said...

Terima Kasih
Sangat membantu sekali,karena sebentar lagi saya akan mengikut UAS hehehe

Makhluk Halus said...

ahhh,, kurang puas,, karena saya butuh hitungan deklinasi manual.. karena kalo kita ada di hutan ga akan bisa buka google cuy... tapi thanks.. ilmunya mantap...

Luh Gede said...

Haha, bener juga ya. Nanti akan saya carikan sumber cara menghitung sudut deklinasi secara orat oret (pake kertas buram).