Pengertian Arus Listrik dan Beda Potensial


Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah memposting tentang muatan listrik pada suatu benda. Dua benda atau dua tempat yang muatan listriknya berbeda dapat menimbulkan arus listrik. Benda atau tempat yang muatan listrik positifnya lebih banyak dikatakan mempunyai potensial lebih tinggi. Adapun, benda atau tempat yang muatan listrik negatifnya lebih banyak dikatakan mempunyai potensial lebih rendah.
Dua tempat yang mempunyai beda potensial dapat menyebabkan terjadinya arus listrik. Syaratnya, kedua tempat itu dihubungkan dengan suatu penghantar. Dalam kehidupan sehari-hari, beda potensial sering dinyatakan sebagai tegangan.



Pada gambar di atas dikatakan lebih positif atau berpotensial lebih tinggi daripada B. Arus listrik yang terjadi berasal dari A menuju B. Arus listrik terjadi karena adanya usaha penyeimbangan potensial antara A dan B. Dengan demikian dapat dikatakan, arus listrik seakan-akan berupa arus muatan positif. Arah arus listrik berasal dari tempat berpotensial tinggi ke tempat yang berpotensial lebih rendah.

Pada kenyataannya muatan listrik yang dapat berpindah bukan muatan positif, melainkan muatan negatif atau elektron. Karena itu, berdasarkan gambar di atas yang terjadi sebenarnya adalah terjadinya aliran elektron dari tempat berpotensial lebih rendah ke tempat yang berpotensial lebih tinggi. Jadi berdasarkan uraian di atas, arus listrik terjadi jika ada perpindahan elektron. Kedua benda bermuatan, jika dihubungkan melalui kabel akan menghasilkan arus listrik yang besarnya dapat ditulis dalam rumus
I = Q/t
Dengan:
I= besar kuat arus (A)
Q = besar muatan listrik (C)
t = waktu tempuh (s)

Berdasarkan uraian tersebut, arus listrik dapat didefinisikan sebagai banyaknya elektron yang berpindah dalam waktu tertentu. Kamu sudah mengetahui bahwa perbedaan potensial akan mengakibatkan perpindahan elektron. Banyaknya energi listrik yang diperlukan untuk mengalirkan setiap muatan listrik dari ujung-ujung penghantar disebut beda potensial listrik atau tegangan listrik.
Hubungan antara energi listrik, muatan listrik, dan beda potensial listrik secara matematik dirumuskan
V=W/Q
dengan:
V = beda potensial listrik (V)
W = energi listrik (J)
Q = muatan listrik (C)
Dengan demikian, beda potensial adalah besarnya energi listrik untuk memindahkan muatan listrik.


Soal tentang arus listrik
Aki mobil dapat menyimpan 144.000 C. Jika aki mensuplai arus tetap 4 A,berapa usia pakai aki tanpa tambahan muatan?

Jawab:
Diketahui:
Q = 144.000 C
I = 4 A

Ditanyakan : t = ?
Penyelesaiannya:
I = Q/t
t = Q/I
t = 144.000 C/ 4 A
t = 36.000 s (1 jam = 3.600 s), maka
t = 10 jam
Jadi, usia pakai aki tanpa tambahan muatan adalah 10 jam.


TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Pengertian Arus Listrik dan Beda Potensial"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.