Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL) dan Tegangan Jepit

Gaya Gerak Listrik (GGL) dan Tegangan Jepit => Mungkin Anda tidak asing dengan benda yang namanya baterai. Baterai sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk menyalakan lampur senter, menggerakan mobil mainan, dan lain sebagainya. Pernahkah Anda melihat tulisan 1,5 V pada baterai, atau 6 V dan 12 V pada akumulator? Besaran 1,5 V, 6 V atau 12 V yang tertulis pada badan baterai atau akumulator menunjukkan beda potensial listrik yang dimilikinya. Hal itu sering disebut gaya gerak listrik (GGL) seperti gambar di bawah ini.

Gaya Gerak Listrik (GGL)
Tegangan yang tertera pada baterai merupakan GGL baterai
Sumber gambar: Wikipedia

Untuk membantumu memahami pengertian gaya gerak listrik, perhatikan gambar di bawah ini dan perhatikan pula penjelasannya.

Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL) dan Tegangan Jepit

Jika sakelar (sk) ditutup, elektron di kutub negatif baterai akan bergerak melalui penghantar menuju kutub positif. Selama dalam perjalanannya, elektron mendapat tambahan energi dari gaya tarik kutub positif. Namun, energi itu akan habis karena adanya tumbukan antarelektron; di dalam lampu tumbukan itu mengakibatkan filamen berpijar dan mengeluarkan cahaya. Sesampainya di kutub positif, elektron tetap cenderung bergerak menuju ke kutub negatif kembali. Namun, hal itu sulit jika tidak ada bantuan energi luar. Energi luar tersebut berupa energi kimia dari baterai. Energi yang diperlukan untuk memindah elektron di dalam sumber arus itulah yang disebut gaya gerak listrik (GGL).

Pada gambar di atas tegangan terukur pada titik AB (misalnya menggunakan voltmeter) ketika sakelar terbuka merupakan GGL baterai. Adapun tegangan terukur ketika sakelar tertutup merupakan tegangan jepit. Nilai tegangan jepit selalu lebih kecil daripada gaya gerak listrik. Tahukah kamu mengapa demikian? Untuk mengetahuinya silahkan baca postingan Mafia Online berikutnya tentang cara mengukur GGL, tegangan jepit dan kehilangan tegangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL) dan Tegangan Jepit"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.