Apakah pengertian daya dan bagaimana menghitung daya?


Misalkan Bimbim dan Jordhy masing-masing memindahkan sebuah kotak dari lantai ke atas rak. Massa masing-masing kotak itu sama, tetapi Jordhy mampu memindahkan kotak lebih cepat daripada Bimbim. Jordhy memindahkan kotak dalam waktu 15 detik, sedangkan Bimbim dalam waktu 20 detik. Apakah usaha yang lakukan Jordhy dan Bimbim sama?

Ingat, pada postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai pengertian usaha. Di mana usaha menurut ilmu fisika didefinisikan sebagai besarnya gaya F yang digunakan untuk memindahkan benda sejauh s. Jadi usaha yang dilakukan oleh Jordhy dan Bimbim besarnya sama, karena berat kotak dan perpindahan yang dilakukan besarnya sama. Akan tetapi ada perbedaan waktu yang perlukan untuk melakukan usaha tersebut.

Jordhy memiliki daya lebih besar daripada Bimbim. Daya (power) adalah cepatnya usaha dilakukan. Dengan kata lain daya adalah usaha yang dilakukan tiap satuan waktu. Untuk menghitung daya, bagilah usaha yang dilakukan dengan waktu yang diperlukan untuk melakukan usaha. Secara matematis usaha dapat ditulis dengan persamaan:
Daya = usaha/waktu
P= w/t

Apakah tukang jamu yang menggendong jamu melakukan usaha?

Usaha yang dilakukan tukang jamu tersebut terhadap jamu yang digendongnya sama dengan nol, walaupun jamu yang digendongnya berpindah tempat. Hal ini disebabkan arah gaya yang dikerahkan anak itu terhadap benda tidak searah dengan perpindahan benda. Nah, karena usaha yang dilakukan oleh tukang jamu sama dengan nol, maka daya yang dilakukannya juga nol.

Tukang jamu. sumber gambar: ladangjiwa.com

Daya memiliki satuan watt, satuan ini di ambil dari nama penemu mesin uap James Watt. Satu watt (W) setara dengan satu joule per sekon. Daya satu watt relatif kecil, kurang lebih sama dengan daya untuk mengangkat segelas air dari lututmu ke mulutmu dalam waktu satu sekon. Karena watt merupakan satuan yang kecil, untuk daya yang lebih besar seringkali dinyatakan dalam kilowatt. Satu kilowatt (kW) sama dengan 1000 watt.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

1 Response to "Apakah pengertian daya dan bagaimana menghitung daya?"

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.