website statistics Kedudukan Titik Terhadap Garis dan Bidang

Kedudukan Titik Terhadap Garis dan Bidang


Sebelumnya Mafia Online sudah membahas tentang pengertian titik, garis dan bidang. Sekarang Mafia Online akan mengulas tentang kedudukan titik terhadap garis dan kedudukan titik terhadap bidang.

Kedudukan Titik Terhadap Garis
Kedudukan titik terhadap garis dibedakan menjadi dua yaitu titik terletak pada garis dan titik terletak di luar garis.  Kedudukan titik terletak pada garis dan titik terletak di luar garis dapat dianalogikan seperti burung yang hinggap di kabel listrik, seperti gambar di bawah ini.
Sekarang coba perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut merupakan segerombolan burung yang hinggap di kabel listrik. Misalkan burung-burung tersebut adalah sebuah titik dan kabel tersebut merupakan garis, maka burung yang hinggap di kabel listrik (dilingkari merah) dapat dikatakan sebagai titik terletak pada garis. Jadi, sebuah titik dikatakan terletak pada garis, jika titik tersebut dapat dilalui oleh garis, seperti gambar di bawah ini.

Sekarang coba perhatikan gambar burung yang terbang dan akan hinggap di kabel listrik (dilingkari warna biru) dapat dikatakan sebagai titik terletak diluar garis. Sebuah titik dikatakan terletak di luar garis, jika titik tersebut tidak dapat dilalui garis, seperti gambar di bawah ini.

Silahkan perhatikan dan dipelajari contoh soal di bawah ini untuk memantapkan pemahaman Anda tentang konsep kedudukan titik terhadap garis.

Contoh Soal 1
Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di bawah ini.
Jika garis AB sebagai wakil dari garis g, maka tentukan: a). titik sudut kubus yang terletak pada garis g; b). titik sudut yang berada di luar garis g.

Penyelesaian:
Berdasarkan gambar tersebut maka a). titik sudut kubus yang terletak pada garis g adalah A dan B; dan 2). titik sudut yang berada di luar garis g adalah D, E, F, G, dan H

Kedudukan Titik Terhadap Bidang
Kedudukan titik terhadap bidang dibedakan menjadi dua yaitu titik terletak pada bidang dan titik terletak di luar bidang. Untuk lebih mudah memahami konsep kedudukan titik terhadap bidang, coba perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar di atas merupakan lima orang yang mengadakan penyuluhan tentang cara menanam padi dan ditonton oleh tiga anak-anak. Jika orang dewasa dan anak-anak tersebut kita misalkan titik dan lahan atau tanah yang akan ditanami padi kita sebut sebagai bidang, maka orang dewasa yang menanam padi di areal persawahan dapat kita sebut sebagai titik-titik yang terletak pada bidang. Sedangkan anak-anak yang sedang menonton yang berada di luar areal yang ditanami padi kita sebut sebagai titik-titik yang berada luar bidang.

Jadi, sebuah titik dikatakan terletak pada bidang, jika titik tersebut dapat dilalui oleh bidang, seperti gambar di bawah ini.
Sebuah titik dikatakan terletak di luar bidang, jika titik tersebut tidak dapat dilalui oleh bidang, seperti gambar di bawah ini.
Silahkan perhatikan dan dipelajari contoh soal di bawah ini untuk memantapkan pemahaman Anda tentang konsep kedudukan titik terhadap bidang.

Contoh Soal 2
Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di bawah ini.
 
Bidang DCGH sebagai bidang u, tentukan: a) titik sudut apa saja yang terletak pada bidang u; b) titik sudut apa saja yang berada di luar bidang u.

Penyelesaian:
Berdasarkan gambar tersebut maka: a) titik sudut yang berada bidang u adalah D,C,G dan H; b) titik sudut yang berada di luar bidang u adalah A, B, E, dan F

Demikian postingan Mafia Online tentang konsep kedudukan titik terhadap garis dan titik terhadap bidang. Bagaimana kedudukan garis terhadap garis dan bidang?

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kedudukan Titik Terhadap Garis dan Bidang"

Arva Athallah Susanto said...

semoga dirahmati Allah gan, alhamdulillah sangat bermanfaat