Jenis-Jenis Transformator

Apabila tegangan terminal output lebih besar daripada tegangan yang diubah, trafo yang digunakan berfungsi sebagai penaik tegangan (Silahkan baca: pengertian dan cara kerja transformator). Sebaliknya apabila tegangan terminal output lebih kecil daripada tegangan yang diubah, trafo yang digunakan berfungsi sebagai penurun tegangan. Dengan demikian, transformator (trafo) dibedakan menjadi dua, yaitu trafo step up dan trafo step down.

Trafo step up adalah transformator yang berfungsi untuk menaikkan tegangan AC. Trafo ini memiliki ciri-ciri:
  1. jumlah lilitan primer lebih sedikit daripada jumlah lilitan sekunder,
  2. tegangan primer lebih kecil daripada tegangan sekunder,
  3. kuat arus primer lebih besar daripada kuat arus sekunder.

Trafo step down adalah transformator yang berfungsi untuk menurunkan tegangan AC. Trafo ini memiliki ciri-ciri:
  1. jumlah lilitan primer lebih banyak daripada jumlah lilitan sekunder,
  2. tegangan primer lebih besar daripada tegangan sekunder,
  3. kuat arus primer lebih kecil daripada kuat arus sekunder.

Dengan adanya trafo kita bisa menentukan berapa besarnya tegangan listrik yang kita butuhkan. Misalknya tegangan listrik yang dihasilkan oleh generator (genset) sebesar 300 volt, sedangkan alat-alat elektronik kita hanya bisa bekerja dengan baik jika dinyalakan pada tegangan 220 volt. Jadi kita harus menurunkan tegangan tersebut dari 300 volt menjadi 220 volt dengan menggunakan trafo step down, sehingga peralatan listrik kita tidak rusak. 
Alat-alat listrik
Alat listrik yang bisa digunakan pada tengangan 220V
Sumber: first things first

Bagaimana cara menghitung besarnya penurunan atau kenaikan tegangan listrik sebuah trafo? Silahkan baca postingan yang berjudul "materi dan contoh soal transformator (trafo)"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Transformator"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.