Pengertian dan Contoh Gelombang Mekanik dan Elektromagnetik


Seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya tentang pengertian gelombang, bahwa berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibedakan menjadi dua kelompok yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Apa pengertian dan contoh gelombang mekanik dan gelombang elektomagnetik?

Gelombang Mekanik
Gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki merupakan contoh-contoh gelombang mekanik. Gelombang-gelombang ini memerlukan medium untuk dapat merambatkan gelombang. Air, udara, tali, slinki adalah medium yang digunakan untuk merambatkan gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki. Gelombang-gelombang ini ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik.

Oleh karena itu, gelombang-gelombang tersebut dikelompokkan ke dalam gelombang mekanik. Umumnya, gelombang mekanik seperti contoh tersebut dapat diamati dengan mata telanjang. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian gelombang mekanik adalah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium.

Gelombang Elektromagnetik
Tahukah kamu gelombang TV dan gelombang radio dapat merambat? Sebagai contoh, kamu dapat melihat pertandingan bola di Italia secara langsung padahal jarak rumahmu ke negara tersebut sangat jauh. Kamu dapat melihat acara TV karena adanya gelombang elektromagnetik. Siaran pertandingan bola di Italia dipancarkan ke satelit bumi dan oleh satelit bumi ini dipancarkan kembali ke bumi. Televisimu dapat menangkap gelombang ini dan mengubahnya menjadi gambar dan suara. Bagaimana gelombang elektromagnetik dapat merambat di luar angkasa ketika menuju satelit bumi padahal di luar angkasa merupakan ruangan hampa?

Gelombang elektromagnetik dapat merambat meskipun tidak terdapat medium untuk menjalarkan gelombangnya. Contoh lain gelombang elektromagnetik yaitu gelombang sinar matahari. Gelombang sinar matahari dapat sampai ke bumi meskipun antara matahari dan bumi tidak terdapat medium untuk menjalarkan gelombang. Gelombang yang dapat merambat tanpa membutuhkan medium disebut gelombang elektromagnetik. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium.

Selain gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik ada jenis gelombang yang lain yaitu gelombang yang berdasarkan arah rambatannya, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Apa pengertian gelombang transversal dan gelombang longitudinal? Apa contoh gelombang transversal dan gelombang longitudinal? Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan “Pengertian dan Contoh Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal”

Tolong share artikel ini ke: Facebook Twitter Google+
Anda baru saja membaca artikel dengan judul: "Pengertian dan Contoh Gelombang Mekanik dan Elektromagnetik". Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Tolong kritik dan sarannya yang membangun agar blog ini menjadi lebih baik. Punya artikel tentang “Mafia”, artikel tentang Aplikasi “Mafia” dalam kehidupan sehari-hari, soal-soal “Mafia”, Tips dan Trik mengerjakan Soal-Soal “Mafia”, Puisi “Mafia”, Pantun “Mafia”, atau yang lainnnya tentang “Mafia”? Jika ingin karyamu kami terbitkan di blog ini silahkan kunjungi halaman berikut ini untuk “Mengirim Kreatifitas Anda
Posted by: Hidayanti 10:27 PM

1 comment:

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif