Kekuatan Lensa Cembung dan Cekung

Setiap lensa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam mengumpulkan atau menyebarkan berkas sinar. Karena itulah dikenal dimensi kuat lensa, yaitu kemampuan sebuah lensa untuk mengumpulkan atau menyebarkan berkas sinar. Kekuatan lensa merupakan kemampuan lensa untuk memfokuskan sinar-sinar, makin kuat lensa memfokuskan sinar akan makin besar kekuatan lensanya. 

Kuat lensa memiliki satuan dioptri, berbanding terbalik dengan jarak fokus lensa dalam satuan meter. Kekuatan lensa dilambangkan dengan P (power) yang dirumuskan sebagai berikut.

dengan:
P = kuat lensa (dioptri)
f = jarak fokus lensa (meter)
Jadi, 1 dioptri adalah kuat lensa yang memiliki jarak fokus 1 meter.



Contoh Soal
Seorang penderita rabun jauh memiliki titik jauh 300 cm. Berapa kekuatan lensa kacamata orang tersebut agar dapat melihat benda jauh dengan normal?

Penyelesaian:
Diketahui:
s0 = ∞
s1 = –300 cm (tanda negatif (–) karena bayangan yang dibentuk lensa cekung bersifat maya, di depan lensa)

Ditanyakan:
P = .... ?

Jawab:
1/f = 1/so + 1/s1
1/f = 1/~ + 1/- 300 cm
1/f = 1/ - 300 cm
 f = –300 cm = –3 m

Kekuatan lensa:
P = 1/f
P = 1/ - 3 m
P= -0,33 dioptri


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kekuatan Lensa Cembung dan Cekung"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.