website statistics 3 Contoh Pola Bilangan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

3 Contoh Pola Bilangan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pada saat mempelajari materi deret dan barisan, kamu akan mempelajari sub materi pola bilangan. Pola bilangan merupakan anggota-anggota himpunan bilangan yang jika diurutkan dengan suatu aturan tertentu akan membentuk suatu barisan bilangan. Ada banyak sekali pola bilangan, seperti pola bilangan genap, pola bilangan ganjil, pola bilangan segitiga, pola bilangan persegi, pola bilangan persegi panjang, pola bilangan segitiga Pascal, dan lain sebagainya.


Dalam kehidupan sehari-hari kita akan menjumpai banyak peristiwa atau kejadian yang mengikuti pola bilangan. Berikut admin bagikan 3 (tiga) contoh pola bilangan dalam kehidupan sehari-hari.


Contoh 1

Mungkin kamu tidak asing dengan yang namanya cheerleader atau dikenal juga dengan nama pemandu sorak. Cheerleader sering kita temukan dalam suatu pertandingan olahraga seperti voli dan basket. Seringkali dalam atraksinya mereka membentuk piramida manusia, yaitu saling berdiri di antara pemain-pemainnya, sehingga pada puncaknya hanya berdiri seorang saja. Nah piramida manusia yang dibuat oleh para cheerleader akan membentuk pola bilangan. Jika piramidanya 1 tingkat maka akan memerlukan 1 orang, jika piramidanya 2 tingkat akan memerlukan 3 orang, jika piramidanya 3 tingkat akan memerlukan 6 orang, dan jika piramidanya 4 tingkat akan memerlukan 10 orang, dan begitu juga seterusnya. Jika kita buatkan barisan bilangan akan terbentuk baris bilangan: 1, 3, 6, 10, 15, . . .  Pola bilangan ini dikenal dengan pola bilangan segitiga.

 

Contoh 2

Pembelahan sel tubuh (mitosis) seperti terlihat pada gambar di bawah ini memiliki pola yang teratur. Mula-mula, satu sel membelah menjadi dua sel. Dari dua sel membelah menjadi empat sel. Dari empat sel menjadi delapan sel, dan seterusnya. Jika kita perhatikan pembelahan sel tubuh juga mengikuti pola bilangan yakni 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, dan seterusnya.

3 Contoh Pola Bilangan Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Gambar modifikasi dari pixabay.com

Contoh 3

Selain sel tubuh, hewan bersel satu seperti Amoeba juga bisa membelah diri seperti halnya sel tubuh. Amoeba membelah diri untuk berkembang biak. Menurut Wikipedia, Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri setiap 20 menit. Itu artinya, setelah 20 menit, Amoeba itu membelah menjadi 2 ekor, setelah 40 menit menjadi 4 ekor, setelah 60 menit men jadi 8 ekor, dan demikian seterusnya.

 

Demikian contoh pola bilangan dalam kehidupan sehari-hari. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak contoh kejadian atau perstiwa yang mengikuti pola bilangan seperti permainan halma, banyaknya tabungan tiap bulannya  di bank yang ditabung nasabah jika mendapatkan bunga dalam bentuk persen (%), jumlah uang yang dibayarkan oleh kreditor saat meminjam uang di bank dengan “bunga menurun”, dan lain sebagainya.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "3 Contoh Pola Bilangan Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.