Hubungan Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang

Anda telah mengetahui bahwa gelombang merupakan getaran yang merambat. Merambat berarti bergerak dari suatu tempat ke tempat lain dalam selang waktu tertentu. Jika diketahui panjang gelombang dan periodenya, dapat ditentukan kecepatan gelombang tersebut. Panjang gelombang dilambangkan λ (baca: lamda), dengan satuan meter, sedangkan kecepatan dilambangkan v satuannya m/s. 

Telah diketahui bahwa periode gelombang T adalah:
Dengan demikian, diperoleh hubungan antara kecepatan gelombang (v) dengan panjang gelombang λ, periode (T), dan frekuensi gelombang (f) yang dituliskan sebagai berikut.
Keterangan:
v = kecepatan gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
T = periode (sekon)

Contoh Soal 
Sebuah tali dengan panjang 6 m, ujungnya digerakkan sehingga membentuk 2 puncak dan 2 lembah. Waktu yang diperlukan untuk membentuk 1 bukit dan 1 lembah adalah 1,5 sekon. Hitunglah kecepatan gelombang tersebut!

Jawab:
2 puncak dan 2 lembah = 2λ, maka 2λ = 6 m atau λ = 3 m
T = 1,5 s
maka
v = λ/T
v = 3 m/ 1,5 s
v = 2 m/s
Jadi, kecepatan gelombang tersebut adalah 2 m/s.


Demikian postingan Mafia Online tentang hubungan antara cepat rambat, frekuensi dan panjang gelombang. Mohon Maaf jika ada kata atau perhitungan yang salah. Salam Mafia.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hubungan Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang"

  1. bagus, saya telah menemukan contoh soalnya, trimakasih klinik tongfang;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.