Bentuk Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal


Gelombang tali dan gelombang air merupakan contoh gelombang transversal karena arah getaran dan arah perambatan gelombangnya saling tegak lurus. Jika digambarkan, bentuk gelombang transversal akan tampak seperti Gambar berikut.


Pada gelombang transversal ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut.
  • ABC, EFG, dan IJK = bukit gelombang
  • CDE dan GHI = lembah gelombang
  • B, F, dan J = titik puncak gelombang
  • D dan H = titik dasar gelombang
  • ABCDE, EFGHI = satu gelombang
  • Satu gelombang terdiri atas satu puncak gelombang dan satu lembah gelombang (seperti gambar di bawah ini)

Jadi, gelombang transversal pada gambar di atas terdiri atas 2 puncak gelombang dan 2 lembah gelombang. Dengan kata lain terdiri atas 2 gelombang.
Sedangkan gelombang longitudinal terbentuk atas rapatan dan renggangan. Jika pada gelombang transversal dikenal puncak dan lembah, maka pada gelombang longitudinal terdapat regangan dan rapatan. Panjang satu gelombang pada gelombang longitudinal adalah jarak antara dua rapatan, atau jarak antara dua regangan. Perhatikan bentuk gelombang longitudinal pada Gambar di bawah ini



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bentuk Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.