website statistics Manfaat Pythagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Pythagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pythagoras merupakan seorang matematikawan dan filsuf Yunani. Beliau dilahirkan pada tahun 570 SM, di pulau Samos, di daerah Ionia. Salah satu peninggalan Phytagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan “pada segitiga siku-siku berlaku bahwa kuadrat sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah kuadrat dua sisi yang lainnya”. Hipotenusa adalah sisi miring berbentuk diagonal, dan merupakan sisi terpanjang sebuah segitiga.


Teorema tersebut mampu memudahkan kita dalam perhitungan mencari panjang sisi miring pada segitiga siku-siku. Apa saja manfaat dari Teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari?


1. Menghitung Bidang Miring

Dengan menggunakan teorema Pythagoras kita bisa mengetahui panjang suatu bidang miring. Berikut contoh penerapan teorema Pythagoras pada bidang miring.


Contoh Soal 1

Seorang akan memperbaiki sebuah lampu taman yang berada di atas tembok yang tingginya 3 meter dengan menggunakan sebuah tangga. Tepat di depan tembok terdapat sebuah kolam dengan lebar 4 meter, seperti gambar di bawah ini.

Manfaat Pythagoras Dalam Kehiduapan Sehari-Hari

Berapa panjang minimal tangga tersebut agar kaki tangga tidak masuk ke dalam kolam?

 

Penyelesaian:

Jika kita perhatikan antara tinggi tembok, lebar kolam dan panjang tangga akan membentuk sebuah bangun datar segitiga yaitu segitiga siku-siku.

Manfaat Pythagoras Dalam Kehiduapan Sehari-Hari
Segitiga siku-siku

Nah untuk menghitung tinggi tangga tersebut kamu harus paham dengan teroema Pythagoras. Berikut cara menghitung tinggi tangga minimal dengan menggunakan teorema Pythagoras yakni:

AC2 = AB2 + BC2

AC2 = 42 + 32

AC2 = 16 + 9

AC2 = 25

AC = √25

AC = 5 m

Jadi, panjang minimal tangga tersebut agar kaki tangga tidak masuk ke dalam kolam adalah 5 m.

 

2. Menghitung Siku-Siku Pada Tembok

Manfaat teorema Pythagoras yang satu ini digunakan oleh tukang bangunan yang akan membangun tembok pondasi rumah. Apakah suatu bangunan pondasi temboknya sudah sudah siku-siku (membentuk sudut 90°), dapat menggunakan teorema pytagoras yaitu tripel Pythagoras. Tripel Pythagoras adalah kelompok tiga bilangan bulat positif yang memenuhi kuadrat bilangan terbesar sama dengan jumlah kuadrat dua bilangan lainnya. Sebagai contohnya silahkan simak contoh soal di bawah ini.

 

Contoh Soal 2

Pak Iwan membuat tembok kamar rumah dengan pondasinya berbentuk persegi panjang dengan ukuran 4 m x 3 m, beliau mengukur panjang diagonalnya didapatkan 5 m. 

Manfaat Pythagoras Dalam Kehiduapan Sehari-Hari
Gambar ilustrasi.
By: pixabay.com

Tentukan apakah tembok kamar yang pak Iwan bangun sudah berbentuk siku-siku?

 

Penyelesaian:

Tembok yang dibuat oleh pak Iwan sudah membentuk siku-siku atau bersudut 90°, karena kelompok tiga bilangan yakni 3, 4 dan 5 memenuhi tripel Pythagoras. Untuk lebih memantapkan pemahaman kamu tentang tripel Pythagoras silahkan baca postingan Mafia Online tentang Cara Mencari Tripel Pythagoras.

 

Untuk memantapkan pemahaman kamu tentang manfaat rumus Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari silahkan simak kerjakan soal latihan di bawah ini.

 

Soal Latihan

Tinggi listrik tingginya 8 m berada di tengah taman berbentuk lingkaran dengan jari-jari 6 m. Petugas PLN akan memperbaiki kabel yang berada di ujung tiang listrik. Berapa panjang tangga minimum yang dibutuhkan petugas PLN agar kaki tangga tidak merusak taman tersebut?

 

Demikian artikel tentang manfaat teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada kendala atau permasalahan dalam memahami materi ini silahkan tanyakan di kolom komentar.

TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Manfaat Pythagoras Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.