website statistics Menentukan Posisi Dari Fungsi Kecepatan

Menentukan Posisi Dari Fungsi Kecepatan


Mungkin dalam soal kita sering menemukan pertanyaan seperti contoh soal di bawah ini.

“Seekor cheetah bergerak pada arah sumbu x dengan kecepatan v = (4t - 3)i m/s. Jika posisi awal cheetah 2i m, maka tentukan posisi cheetah setelah bergerak 4 detik”

 Menentukan Posisi Dari Fungsi Kecepatan

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas tentang cara menentukan kecepatan sesaat dari vektor posisi, baik untuk kecepatan sesaat dalam satu dimensi maupun kecepatan sesaat dalam dua dimensi. Di mana kecepatan sesaat suatu benda dapat dicari dengan turunan dari fungsi posisinya, dengan persamaan matematis:

v = dr/dt

Sebaliknya, jika fungsi kecepatan diketahui, fungsi posisi dapat ditentukan dengan mengintegralkan fungsi kecepatan tersebut.


dengan:
r0 = posisi awal (m)
r = posisi pada waktu t (m)
v = kecepatan yang merupakan fungsi waktu (m/s)

Jika komponen posisi pada arah sumbu x dan sumbu y, maka persamaannya menjadi:

Untuk memantapkan pemahaman tentang cara mencari posisi suatu benda dari fungsi kecepatan, silahkan simak dan pahami contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal
Benda bergerak pada arah sumbu x dengan kecepatan v = (2t +8)i m/s. Jika posisi awal benda tersebut adalah r0 = -5i m, maka tentukan posisi benda setelah bergerak.

Penyelesaian:
Diketahui:
v = (2t +8)i m/s
r0 = -5i m
Ditanyakan: r = ?
Jawab:
r = r0 + ꭍv.dt
r = -5i + ꭍ(2t +8)i dt
r = -5i + (t2 +8t)i
r = (t2 + 8t – 5)i m

Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan jawab contoh soal di atas (soal cheetah), kemudian tuliskan hasilnya pada kolom komentar.
TOLONG DIBAGIKAN YA :

0 Response to "Menentukan Posisi Dari Fungsi Kecepatan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif. Mohon maaf kalau komentarnya dibalas agak lambat. Kolom komentar ini kami moderasi, jadi kalau ada komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan dipublikasikan.