website statistics Apa Pengertian Getaran Secara Fisika?

Apa Pengertian Getaran Secara Fisika?

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal kata getaran, seperti getaran bumi pada saat terjadi gempa bumi, getaran tubuh saat menggigil kedinginan, dan sebagainya. Sebetulnya, apa itu yang dimaksud dengan getaran?

Perhatikan Gambar di bawah ini, sebuah beban yang tergantung pada sebuah tali. Mula-mula beban berada pada posisi B, kemudian kita tarik sedemikian sehingga sampai pada posisi A lalu lepaskan beban tersebut. Apa yang terjadi?
Dari kegiatan tersebut, setelah beban dilepaskan maka beban akan bergerak gerak bolak-balik di sekitar titik kesetimbangan. Dalam hal ini, titik kesetimbangannya adalah B. Titik kesetimbangan pada kegiatan tersebut adalah titik di mana pada titik tersebut benda tidak mengalami gaya luar atau dalam keadaan diam. Lintasan B – A – B – C – B adalah lintasan yang ditempuh oleh satu getaran. Jika kamu menetapkan titik A sebagai titik awal lintasan, maka A – B – C – B – A disebut satu getaran. 

Pada kegiatan di atas, terlihat sebuah getaran terjadi pada batu yang diikat dengan tali dan diayunkan. Batu tersebut sering dikatakan sebagai ayunan sederhana. Getaran juga dapat kamu lihat pada pegas yang diberi beban, kemudian diberi simpangan dan dibiarkan bergerak bolak-balik di sekitar titik kesetimbangannya, seperti gambar di bawah ini.
Mistar plastik yang salah satu ujungnya ditahan tetap dan ujung yang lain diberi simpangan akan bergetar pula. Setiap benda yang melakukan gerak bolak-balik di sekitar titik kesetimbangannya dikatakan bergetar.

Jadi, getaran adalah peristiwa gerak bolak-balik sebuah benda terhadap suatu titik kesetimbangan. Contoh getaran sederhana di antaranya: getaran beban yang digantung pada ujung pegas, getaran senar gitar pada saat dipetik, getaran pada bandul sederhana, getaran atom pada zat padat, dan sebagainya. Getaran ada dua jenis, yaitu getaran mekanis dan getaran nonmekanis. Getaran mekanis adalah getaran dimana benda yang bergetar mengalami pergeseran linear atau pergeseran sudut. Sedangkan, getaran nonmekanis melibatkan perubahan pada besaran-besaran fisika. 

Contoh-contoh getaran di atas merupakan getaran mekanis, sedangkan contoh getaran nonmekanis di antaranya adalah medan listrik dan medan magnet.

Jarak antara posisi benda saat bergetar dengan posisi pada keadaan setimbang disebut simpangan. Apa itu simpangan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Pengertian Getaran Secara Fisika?"